Ritual Dayak Tomun Do’akan Pemilu Serentak 2019

546

PANGKALAN BUN – Sejumlah Pengurus dan Anggota Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) menggelar acara ritual Dayak Tomun di Batu Pertahanan Jalan Natai Arahan-Pangkalan Bun Kelurahan Madurejo Kecamatan Arut Selatan (Arsel) Kabupaten Kobar, Sabtu (1/12/2018).

Sebelum acara ritual dimulai, Kapolres Kobar AKBP Arie Sandy ZS, SIK MSi melalui Ipda Ridwan Harto Cahyono KBO Sat Intelkam Polres Kobar, menyampaikan arahannya, mengajak kepada seluruh keluarga besar masyarakat Dayak dan juga seluruh masyarakat Kobar lainnya untuk bersama-sama menertibkan keamanan sehingga Kobar tetap kondusif.

Baca Juga:   Polsek Ini Minta Penyelenggara Pemilu Jangan Takut Diintimidasi

“Mulai saat ini sampai nanti pada pelaksanaan Pemilu 2019, mari kita semua bersama-sama menjaga ketertiban dan keamanan sehingga sutuasi dan kondisi di Kabupaten Kobar tetap kondusif,” kata Ridwan H Cahyono.

Sekretaris Majelis Masyarakat Dayak Kabupaten Kobar, Darwawan, SE mengatakan, bahwa acara ritual adat Dayak Tomun di Batu Pertahanan ini rutin digelar setiap tahun. Tujuannya sama, untuk menicptakan kesejukan dengan seluruh umat dan menyongsong Pemilu serentak 2019 di Kabupaten Kobar, tertib aman dan damai.

Wendi Purnomo, S.Pd Ketua Satgas DAD Kabupaten Kobar yang memimpin acara ritual mengatakan, bahwa tujuan digelarnya ritual intinya untuk mendoakan mudah-mudahan Pemilu serentak 2019 di Kabupaten Kobar tertib, aman dan sukses.

Baca Juga:   Hasil Pleno KPU RI: Ini Perolehan Suara Partai di Kalteng

“Serta jauh dari aksi radikal dan berbagai isu serta berita hoax yang akan menyesatkan dan memecah belah persaudaraan. Kami dengan seluruh masyarakat Dayak siap mendukung mensukseskan Pemilu agar NKRI yang telah menjadi harga mati di Kobar ini, tetap kuat dan kokoh,” tegas Wendi.

(Man/Beritasampit.co.id).

EDITOR : MAULANA KAWIT