TNI jawab pembunuhan pekerja di Papua: ‘Siapa yang binatang, siapa yang bunuh secara biadab?’

    JAKARTA-Tentara Nasional Indonesia (TNI) di Papua menjawab tuduhan kelompok tentara Papua merdeka (TPM) dengan menegaskan, apa yang dilakukan sayap militer Organisasi Papua Merdeka (OPM), dengan melakukan pembunuhan adalah tindakan yang tak beradab.

    “Saya rasa publik bisa melihat, mana yang binatang, mana yang tidak. Kalau ada orang membantai orang tanpa alasan siapa yang binatang?” kata Muhammad Aidi, juru bicara Komando Daerah Militer Papua kepada BBC News Indonesia, hari Kamis (06/12).

    “Keberadaan TNI di sini legal berdasarkan institusi NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia), keberadaan KKSB (Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata) legalnya dari mana?” kata Aidi.

    “Siapa yang melegalkan? Dasar hukumnya mana ada? Jadi, sekelompok orang mengangkat senjata secara ilegal, tanpa izin, itu adalah pelanggaran hukum,” kata Aidi.

    Sebelumnya, dalam wawancara melalui telepon, juru bicara Organisasi Papua Merdeka (OPM), Sebby Sambom, mengatakan bahwa pihaknya membunuh para pekerja konstruksi proyek jalan di Nduga karena bagi OPM, sebagian besar pekerja adalah anggota TNI, yang dianggap musuh oleh OPM.

    “Kami melawan Indonesia, yang kami lawan itu bukan manusia. Mereka adalah manusia yang berwatak binatang. Oleh karena itu, kami menempuh jalan perang. Itu prinsip TPM,” kata Sebby.

    Kapolri Tito Karnavian mengatakan kelompok bersenjata di Papua menewaskan setidaknya 20 orang di Kabupaten Nduga pada 2 Desember.

    Dari jumlah tersebut, 16 jenazah sudah ditemukan hingga Kamis (06/12), kata pejabat keamanan Papua, Binsar Panjaitan kepada kantor berita AFP.

    Sebby mengatakan pihaknya tidak memerlukan pembangunan infrastruktur dan ini sudah ia peringatkan kepada TNI dan pemerintah Indonesia. Ia juga mengatakan tidak khawatir pembunuhan pekerja proyek akan membuat keamanan di Papua memburuk.

    ‘PERANG TITAL PADA 2021’

    “Kami sudah siap melancarkan revolusi di seluruh tanah Papua melawan TNI dan Polri. Ini kesalahan juga pihak PBB, Amerika Serikat, dan Belanda yang memberikan Papua kepada Indonesia. Selama 50 tahun kami menderita, itu sudah cukup,” kata Sebby.

    “Generasi lama sudah meninggal. Kami generasi baru sudah menetapkan memilih jalan revolusi…akan ada krisis di Papua, pada 2021 kami akan melancarkan perang revolusi total melawan TNI/Polri. Kami minta masyarakat sipil Indonesia untuk meninggalkan Papua Barat,” katanya. Ia tidak merinci mengapa menyebut tahun 2021.

    “Kami TNI dilatih dan dididik untuk membunuh dan siap untuk terbunuh,” kata Aidi.

    Menanggapi pernyataan ini, juru bicara Kodam di Papua, Muhammad Aidi, menyatakan TNI siap berhadapan dengan tentara Papua merdeka.

    “Kita selalu siap kapan saja. Saya berharap mereka bukan pecundang. Artinya hanya sekadar bicara. Mari berhadapan secara jantan, kita siap menghadapi, TNI siap menghadapi demi menjaga kedaulatan negara ini, kami siap,” kata Aidi.

    Papua diintegrasikan ke wilayah Indonesia melalui apa yang disebut Penentuan Pendapat Rakyat (Pepera) pada 1969, yang hasilnya diakui oleh PBB.

    Separatisme adalah salah satu masalah yang terjadi di pulau tersebut.

    Pemerintah Indonesia antara lain mengalokasi dana khusus triliunan rupiah sejak 2001 untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat Papua, melalui skema dana otonomi khusus.

    Sejumlah pihak mengatakan dana otonomi khusus “tidak tepat sasaran dan harus sehera dievaluasi”.

    Dalam beberapa tahun terakhir, Presiden Joko Widodo menggenjot pembangunan infrastruktur antara lain proyek Trans Papua.

    Sebby mengatakan pihaknya tidak membutuhkan pembangunan prasarana dan hanya ingin “merdeka di tanah sendiri.”

    (bbc.com/beritasampit.co.id)