BATAMAD Kobar Gelar Deklarasi 2019 Pemilu Damai

    PANGKALAN BUN – Memasuki tahun politik, konstelasi peserta pemilu menjelang tahun 2019 terus memanas antara kubu pro dan kontra. Sikap politik terus disampaikan di publik baik berupa penyerahan surat dukungan hingga deklarasi.

    Kelompok sosial atau yang sering disebut Organisasi kemasyarakatan (Ormas) dan Organisasi Kepemudaan (OKP) sebagai agen kontrol (agen up control) memiliki andil dalam mewujudkan pemilu yang berkualitas agar berjalan tertib, aman, lancar dan damai.

    Demikian yang dilakukan puluhan pemuda yang tergabung dalam Barisan Pertahanan Masyarakat Adat Dayat (BATAMAD) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) melakukan deklarasi tepat di Rumah Betang Pasir Panjang, yang pada intinya untuk mendukung pelaksanaan Pemilu serentak 2019 di Kabupaten Kobar berjalan lancar.

    Kardianto, ST Ketua Batamad Kabupaten Kobar dalam sambutannya yang dibacakan Wakil ketua Sucipta Adimawijaya mengatakan deklarasi ini sebagai komitmen untuk mendukung pelaksanaan Pemilu serentak 2019 di Kabupaten Kobar berjalan sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

    “Dan seluruh anggota Batamad Kabupaten Kobar siap membantu Polri dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di Bumi Marunting Batu Aji agar selalu aman dan kondusif,” tegas Sucipta. Senin (10/12/2018).

    Lebih lanjut dirinya menjelaskan dengan berlandaskan Pancasila dan undang-undang Dasar 1945 semangat persatuan dan kesatuan serta nilai-nilai luhur Adat dan Budaya dari semua suku-suku Dayak di seluruh tanah Kalimantan yang bernaung di dalam Wadah Organisasi Dewan Adat Dayak (DAD) Serta BATAMAD sebagai Penegak Hukum-hukum adat yang berlaku di tanah Kalimantan.

    “Kami juga berharap kepada seluruh pemangku kepentingan yang ada di Kabupaten Kotawaringin Barat agar selalu dapat melibatkan kami untuk terus memberikan kontribusi, berkarya dan memberikan sumbangsih sesuai tugas dan fungsi kami serta saling bersinergi dan bergandengan tangan demi terwujudnya kemajuan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat pada umumnya serta bagi masyarakat Dayak Kotawaringin Barat khususnya,” paparnya.

    (Man/Beritasampit.co.id).

    EDITOR : MAULANA KAWIT