Putra Terbaik Sungai Kelik Jadi Prajurit

    PONTIANAK – Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) Batalyon Infanteri 320/Badak Putih SSK III Pos Pamtas Sunga Kelik selain melaksanakan tugas menjaga tapal batas negara juga melaksanakan Pembinaan Teritorial kepada masyarakat perbatasan.

    Salah satunya dengan melaksanakan pembinaan terhadap para pemuda Sungai Kelik yang ingin menjadi prajurit TNI.

    Rio Lenardo salah satu pemuda binaan Pos Pamtas Sungai Kelik berhasil lulus seleksi penerimaan Calon Tamtama Prajurit Karier TNI AD Gelombang II tahun 2018 dan saat ini sedang mengikuti pendidikan di Sekolah Calon Tamtama (Secata) Rindam XII/Tpr di Singkawang.

    Komandan Satgas (Dansatgas) Pamtas Yonif 320/BP, Letnan Kolonel Inf Imam Wicaksana kepada Tim Media Center Kodam XII/Tpr, mengatakan pembinaan kepada para pemuda perbatasan merupakan tindak lanjut dari perintah Pangdam XII/Tpr Mayor Jenderal TNI Achmad Supriyadi untuk mempersiapkan para pemuda di perbatasan menjadi Prajurit TNI AD yang disampaikan saat melaksanakan kunjungan kerja ke wilayah perbatasan dalam rangka kegiatan bakti sosial memperingati HUT TNI ke-73 di Desa Sungai Kelik beberapa waktu yang lalu.

    “Pos SSK III Sungai Kelik membina tiga pemuda perbatasan untuk dipersiapkan mengikuti seleksi,” ujar Dansatgas Pamtas.

    Pembinaan yang dilakukan oleh Pos Pamtas Sungai Kelik dengan melaksanakan pembinaan fisik kepada ketiga pemuda tersebut. Selain itu juga dengan membantu mempersiapkan persyaratan administrasi yang diperlukan untuk mengikuti seleksi. Dibantu juga oleh Koramil Senaning mereka mendaftarkan diri untuk mengikuti seleksi Cata PK TNI AD Gelombang II jalur Perbatasan.

    “Alhamdulilah dari ketiganya satu dinyatakan lulus, atas nama Rio Leonardo,” tutur Dansatgas Pamtas.

    Rio Leonardo merupakan anak dari Bapak Onisimu dengan Ibu Mela Yati yang merupakan penduduk asli perbatasan. Saat ini pemuda lulusan SMU Negeri Senaning ini sedang menjalani pendidikan di Secata Rindam XII/Tpr.

    Hal ini juga dibenarkan oleh Kepala Penerangan Kodam XII/Tpr Kolonel Inf Aulia Fahmi Dalimunthe, bahwa Rio Leonardo salah satu putra terbaik perbatasan yang berhasil lulus seleksi Cata PK TNI AD Gel. II TA. 2018 Jalur Perbatasan dan saat ini sedang mengikuti pendidikan bersama 339 siswa yang lain yang dibuka pada 26 November 2018 lalu.

    “Semoga ini menjadi motivasi bagi para pemuda di perbatasan untuk mengabdikan dirinya menjadi Prajurit TNI AD,” pungkas Kapendam XII/Tpr.

    (Pengdam XII/Tpr/Irfan/beritasampit.co.id)