Lakukan Penelitian, 20 Orang Kementrian Luar Negeri Sambangi PT BGA Gruop

    SAMPIT – Sebanyak 20 orang diklat staf dan kepemimpinan dari Kementrian Luar Negeri Republik Indonesia melakukan penelitian di PT Windo Nabatido lestari (WNL) BGA Gruop yang terletak di daerah Kecamatan Cempaga Hulu baru ini.

    Penelitian yang dilakukan oleh Diklat Kemenlu ini terhadap perusahaan yang bergerak dibidang perkebunan kelapa sawit dalam rangka membuat kurikulum. Hal ini berkaitan dengan beredarnya isu-isu tentang perkebunan kelapa sawit yang dinilai merusak tatanan adat dan merusak lingkungan.

    Seperti yang disampaikan oleh Koordinator Diklat Kemenlu RI Yusuf Arufin di forum tersebut. menurutnya pihaknya tertarik untuk melakukan penelitian terkait kampanye yang mengakibatkan investasi goyang di mata dunia hingga harga CPO pun turut anjlok selama ini.

    “Sebenarnya ada solusi untuk melawan kampanye hitam tersebut salah satu caranya yakni menciptakan suara kampanye positif tentang sawit seperti apa yang di lakukan oleh pihak lain kemudian setiap kegiatan CSR dan bantuan lain harus perlu di expose supaya dunia tau,” ujar Yusuf Arifin.

    Bahkan dia juga mengatakan selain melakukan kampanye positif tentang sawit dan keterbukaan informasi tentang kegiatan-kegiatan sosial juga yang terpenting bagi perusahaan atau investor bersama pemerintah yakni harus bisa mengembalikan situasi di uni Eropa dengan cara melakukan diplomasi ke uni Eropa.

    Sementara itu pihak menegement PT BGA Gruop melalui salah satu petinggi perusahaan industri sawit tersebut, Zaenal Mustofa, mengatakan pihaknya mengapresiasi kedatangan peserta Diklat dari kementrian luar negeri tersebut.

    “Kami siap mendukung gubernur Kalteng melawan kampanye hitam tentang sawit ini melalui asosiasi atau yang di sebut Gapki. Kami juga akan melakukan kampanye positif tentang sawit dan kami harap perusahaan lain juga melakukan hal yang sama supaya dimata uni Eropa tidak semua perusahan sawit itu merusak lingkungan dan lainnya,” tukasnya.

    (drm/beritasampit.co.id)