Bupati Katingan Minta Penggunaan Anggaran Bebas KKN

    KASONGAN – Bupati Katingan Sakariyas serahkan dukomen Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Daftar Pelaksanaan Anggaran (DPA) tahun anggaran 2019 kepada kepala instansi vertikal dan Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD), bertempat di ruang rapat DPRD, Jumat (22/12/2018) kemarin.

    Dengan diterimanya DIPA dan DPA tersebut, Bupati Katingan meminta kepada instansi vertikal dan SOPD lingkup Pemkab setempat agar sesegera mungkin untuk menyusun jadwal pelaksanaan kegiatan, paling lambat minggu ke empat bulan Desember 2018.

    Sehingga, kata dia, semua rincian kegiatan juga harus masuk dalam rencana umum pengadaan tahun anggaran 2019 dan diumumkan melalui sistem informai rencana umum pengadaan LKPP paling lambat minggu ketiga bulan Januari 2019.

    Karena, terang Sakariyas, target penyerapan anggaran tahun 2019 di triwulan I sekitar 20 persen, triwulan II sekitar 50 persen, triwulan III sekitar 85 persen dan pada tanggal 15 November sekitar 100 persen secara fisik.

    “Hal ini merupakan arahan Presiden RI dan Gubernur Kalteng, dengan harapan bisa menjadi pedoman dalam pelaksanaan program atau kegiatan tahun 2019,” terang orang nomor satu di bumi Penyang Hinje Simpei ini.

    Oleh karena itulah, semua perangkat daerah diminta untuk mempersiapkan diri dari sekarang, dokumen perencanaan pelaksanaan kegiatan, khususnya untuk kegiatan yang masuk dalam proses lelang.

    Kemudian, Bupati Sakariyas juga mengingatkan kepada seluruh aparat lingkup pemerintah daerah setempat dalam pelaksanaan anggaran tahun 2019 nantinya, baik yang berasal dari APBD maupun APBN agar bebas dari praktek-praktek yang mengarah pada Korupsi, Kolusi dan Nepotiesme (KKN).

    “Ini semua untuk mewujudkan tata pemerintahan yang baik dan bersih dalam rangka meingkatkan pelayanan kepada masyarakat,” jelasnya.

    Perlu diketahui, instansi vertikal dan SOPD lingkup Pemerintah daerah Katingan yang menerika DIPA dan DPA dimaksud, diantaranya Pengadilan Negeri Katingan, Pengadilan Agama Kasongan, Polres Katingan, Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan, Dinas PU, Penataan Ruang dan Perhubungan, Dinas Pendidikan dan sejumlah SOPD lainnya.

    (ar/beritasampit.co.id)

    Editor : Irfan