KPU Seruyan Resmikan Rumah Pintar Pemilu 2019

    KUALA PEMBUANG – Dalam rangka mengedukasi masyarakat akan pentingnya pemilu dan berdemokrasi serta untuk meningkatkan partisipasi pemilih. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Seruyan membuat Rumah Pintar Pemilu 2019.

    Pada, Rabu (26/12/2018) Rumah Pintar Pemilu 2019 yang berlokasi di Kantor KPU Seruyan diresmikan langsung oleh Ketua KPU Provinsi Kalimantan Tengah Harmain Ibrohim.

    Turut hadir dalam peresmian tersebut Sekretaris Daerah Kabupaten Seruyan Haryono, Kepala Kejaksaan Negeri Seruyan, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Seruyan, dan sejumlah pimpinan forum koordinasi pemerintah daerah setempat.

    Harmain Ibrohim mengatakan, program rumah pintar pemilu ini sudah dicanangkan KPU RI, secara keseluruhan se Indonesia.

    “Artinya Seluruh KPU Provinsi dan KPU Kabupaten se Indonesia masing-masing akan mempunyai rumah pintar pemilu. Dengan tujuan sebagai bahan edukasi serta untuk meningkatkan partisipasi pemilih,” ujarnya.

    Di tempat yang sama, Ketua KPU Seruyan Agus Sukron Ma’mun mengatakan, Rumah Pintar Pemilu merupakan upaya mengedukasi kepada para pemilih, pemilh pemula dan masyarakat umum dalam pentingnya berdemokrasi memilih pemimpin daerah. Di Rumah Pintar nanti akan berisi berbagai informasi terkait pemilu berupa buku dan riset-riset terkait pilkada serta sejarah-sejarah pemilu Seruyan

    Lanjut Agus, pembuatan Rumah Pintar Pemilu bisa digunakan sebagai tempat di mana masyarakat datang untuk menjadi paham dan pintar mengenai politik, demokrasi dan apa itu hakikat pemilu.

    Dimana akhir-akhir ini masyarakat semakin menganggap pemilu semakin tidak penting. Problem itu menurutnya harus dipikirkan bersama apalagi.

    “Ini harus menjadi sarana masyarakat semakin sadar pentingnya pemilu dan semangat dalam partisipasi pemilu. Makanya ini signifikan,” ujar Agus.

    Dirinya berharap, dengan adanya fasilitas ini diharapkan kepada masyarakat, mahasiswa dan partai politik bisa menggunakan saranan ini untuk mencari informasi dan sumber kepemiluan yang ada di Indonesia.

    Sementara itu, Sekretaris Daerah Seruyan Haryono menambahkan, dengan adanya fasilitas ini tentunya masyarakat dapat memanfaatkannya untuk menimba pengetahun lebih jauh tentang pemilu. Selain itu juga nantinya output dari sarana dan prasarana ini dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemilu.

    “Kita berharap dengan ada Rumah Pintar Pemilu ini masyarakat dapat menimba ilmu tentang kepemiluan dan meningkatkan partisipasi dalam pemilu mendatang,” pungkasnya

    (rdi/beritasampit.co.id)

    Editor : Irfan