DBD Meningkat, Dinkes Harus Proaktif Sosialisasi Pencegagan Kepada Masyarakat

    PANGKALAN BUN – Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) semakin meningkat tahun 2018. Oleh sebab itu, Ketua DPRD Kabupaten Kobar Triyanto mengimbau Dinas Kesehatan dan instansi terkait lainnya dapat lebih proaktof dalam mengsosialisasikan pencegahan penyakit DBD kepada masyarakat.

    Jika pada tahun 2017 terdapat 100 kasus meninggal 1 orang dan tahun ini 2018 terdapat 349 kasus 2 meninggal dunia, tentunya kenaikannya cukup siginifikan. Seharusnya ditahun 2018 penyakit DBD harus semakin menurun. “Untuk itu kami menghimbau Dinkes harus terus proaktif mensosialisasikan tentang pencegahannya kepada masyarakat,” kata Triyanto saat dikonfirmasi beritasampit.co.id Kamis (27/12/2018).

    Dikatakan Triyanto, Dinas kesehatan segera mengambil langkah dan tindakan yang dianggap perlu untuk mengatasi DBD dwilayah Kabupaten Kobar. Misal pembagian bubuk abate dan bila perlu lakukan fogging secara berkelanjutan dibeberapa kelurahan dan desa pada titik rawan DBD.

    “Kepada puskesmas dan pustu diseluruh wilayah Kabupaten Kobar lakukan pekerjaan promotif ke masyarakat terhadap bahaya DBD. Sehingga pola hidup bersih di tengah masyarakat dengan tidak memberikan ruang jentik-jentik nyamuk sebagai penyebab DBD berkembang,” tegas Triyanto.

    (man/beritasampit.co.id)