Ditolong Warga, Tanpa Bidan Seorang Ibu Terpaksa Melahirkan di Jalan

    KUALA PEMBUANG – Seorang Ibu hamil berinisial MS (35) karena sudah tak kuasa menahan sakit perut lantaran hamil 9 bulan, dia melahirkan di jalan ketika ingin menuju Pos Kesehatan Desa (Poskesdes). Kala itu, suaminya berinisial Mr (41) bertempat tinggal di Desa Halimaung Jaya, Trans Unit 2, Jalur 3 itu menjelaskan, sekira pukul 19.00 WIB istrinya sakit perut seperti hendak melahirkan.

    “Sekira pukul 20:30 WIB saat diperjalanan istri saya sudah mengalami pecah ketuban dan istri saya minta turun dan langsung duduk dipinggir jalan dengan keadaan yang gelap. Saya pun langsung memarkir kendaraan dan adik yang juga ikut, membantu berusaha memanggil warga sekitar untuk membantu warga pun datang Alhamdulillah ada yang bawa tikar dan sarung,” ujarnya.

    Ia mengatakan saat melahirkan hanya menggunakan alat manual dan bidan pun belum datang karena memang tempat bidan dan lokasi melahirkan begitu cukup jauh. Sesudah itu, istri dan anaknya yang baru lahir, dibawa menuju rumah warga yang terdekat untuk menumpang sementara. Kemudian, bidan datang langsung mengecek kesehatannya. Ketika Jumat (4/1/2019) pagi sekira jam 06:00 WIB baru saya bawa pulang kerumahnya.

    “Alhamdulilah, istri dan bayi saya yang baru lahir sehat, dengan berat badan bayi 2,9 kilogram dan tinggi 49 cm,” katanya. Ia berharap kepada pemerintah daerah supaya bisa menyediakan kendaraan khusus dan juga bisa membenahi jalan-jalan desa yang agak sulit untuk dilewati.

    (rdi/beritasampit.co.id)