Moeldoko: Sinergitas Antar Lembaga Pemerintah Harus Terbangun

    JAKARTA – Mengawali kerja pemerintah di tahun 2019, Kantor Staf Kepresidenan (KSP) sesuai dengan Peraturan Presiden No.28 tahun 2015 yang memiliki tugas dan fungsi melaksanakan pengelolaan strategi komunikasi politik dan diseminasi informasi, mengadakan rapat koordinasi optimalisasi diseminasi capaian kerja pemerintah kabinet kerja di Jakarta.

    Bertujuan agar seluruh Kementerian dan lembaga turut berpartisipasi menangani strategi komunikasi public dan diseminasi informasi di Kementerian / Lembaganya masing masing, termasuk Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA).

    Kepala Staf Kepresidenan, Jenderal TNI (Purn) Moeldoko dalam sambutannya menyampaikan bahwa sinergitas dan kolaborasi antara Kementerian dan Lembaga pemberintah harus terus terbangun guna memberikan informasi yang benar kepada masyarakat. “Kita harus mengeliminasi adanya kemungkinan kebijakan yang tidak tepat, dan mengeksploitasi berbagai keberhasilan yang telah dijalankan oleh Kementerian/Lembaga” ujarnya.

    Menurut Moeldoko upaya ini dilakukan untuk memerangi Hoaks dan isu fitnah kepada Pemerintah/Lembaga yang disebarkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Moeldoko juga mengingatkan para pejabat untuk dapat memanfaatkan ruang media sosial dan media arus besar untuk menyebarkan informasi terkait dengan program pembangunan yang telah dilakukan.

    “Ruang publik yang keruh, dipenuhi dengan hal yang negatif dan fitnah dapat menjadi lebih indah, bila diisi dengan isu-isu positif, salah satunya dari capaian pembangunan yang telah kita lakukan bersama,” pungkas Moeldoko.

    Disaat yang bersamaan, Sekretaris Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA), Pribudiarta Nur Sitepu turut mengapresiasi upaya yang dilakukan oleh KSP dalam Rapat Koordinasi ini, Pribudiarta berharap semua energi positif yang terkumpul dari seluruh Kementerian dan Lembaga dapat disatukan menjadi energy yang lebih besar sehingga performa kinerja Kementerian/Lembaga dapat diterima oleh seluruh lapisan masyarakat.

    Tim Kecil yang terdiri dari KSP, Staf Khusus Presiden dan Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemkominfo) telah menyusun rancangan awal diseminasi tahun 20119 di 6 target wilayah utama, yaitu Sumatera Utara, Gorontalo, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara dan Sumatera Selatan, dengan tema besar Keadilan Sosial dan Pembangunan Manusia.

    (rilis kemen PPPA/beritasampit.co.id)