Gempabumi Tektonik Magnitude 5.1 Guncang Halmahera Selatan

841
Lokasi Pusat Gempa

MALUKU UTARA -Meteorologi , Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan, Kabupaten Halmahera Selatan, Provinsi Maluku Utara di guncang gempabumi tektonik, Sabtu (5/1/2019) sekitar pukul 08:55:39 WIB.

Gempabumi tektonik yang terjadi berkekuatan magnitude 5.1, di kedalaman 10 Km. Berada di 0.89 LS – 127.51 BT atau 72 Km Barat Laut Halmahera Selatan.

Meski gempa cukup kuat mengguncang Halmahera Selatan, BMKG memastikan tidak berpotensi Tsunami.

Gempabumi Tektonik M 5,7 Mengguncang Kabupaten Maluku Tenggara Barat, Tidak Berpotensi Tsunami

Sebelumnya, Jumat (4/1/2019) pada pukul 13.22.45 WIB, BMKG melaporkan, wilayah Laut Banda diguncang gempabumi tektonik.

Baca Juga:   ‚ÄčIni Gelar Adat Dayak untuk Agus Martowardojo

Hasil analisis BMKG menunjukkan infromasi awal gempabumi ini berkekuatan M=5.7 yang selanjutnya dilakukan pemutakhiran menjadi M=5,6. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 6,68 LS dan 130,46 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 170 km arah Barat Laut Kota Saumlaki, Kabupaten Maluku Tenggara Barat, Provinsi Maluku pada kedalaman 129 km.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi menengah akibat aktivitas Subduksi Banda.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi di wilayah Laut Banda ini, dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan dari struktur sesar oblique normal (mendatar – turun).

Baca Juga:   Koramil Kumai¬†Bersama Masyarakat Kerja Bakti Berantasan Wabah DBD

Guncangan gempabumi ini dilaporkan dirasakan di Saumlaki II-III MMI. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami.

Hingga pukul 13.50 WIB, Hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock). Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

(gra/beritasampit.co.id)