Bupati Kobar Terima Piala Adipura ke 12

    PANGKALAN BUN – Untuk kedua belas kalinya, Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat mendapat piala Adipura. Pada, Senin (14/1/2018) Bupati Kotawaringin Barat (Kobar) Hj Nurhidayah menerima piala tetsebut dari Wakil Presiden RI Yusuf Kala, bertempat di Auditorium Dr Soejarwo Gedung Manggala Wanabakti Jakarta Selatan.

    Menurut rilis dari Bagian Protokol Pemkab Kobar yang disampaikan melalui Group WA Prokom, Pemda & Media menyebutkan, kehadiran Bupati Kobar di Jakarta juga didampingi Plt Sekertaris Daerah Suyanto dan sejumlah dinas terkait, khususnya Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kobar Bambang Sudjatmiko.

    Dalam program adipura 2017-2018 kali ini, dua daerah di wilayah Kalimantan Tengah yang meraih adipura adalah Pangkalan Bun dan Sampit.

    Adipura merupakan sebuah penghargaan dari Pemerintah Indonesia (Kementerian Negara Lingkungan Hidup), yang diberikan kepada kabupaten atau kota yang dinilai berhasil dalam mengelola kebersihan dan lingkungan perkotaan secara berkelanjutan.

    Ada dua aspek utama yang menjadi dasar penilaian Adipura, yang pertama meliputi kondisi fisik, yaitu kebersihan dan keteduhan lingkungan perkotaan. Dan yang kedua kondisi non fisik, yaitu mengenai institusi, manajemen, dan daya tanggap dalam mengelola lingkungan perkotaan.

    Bupati Kobar Hj Nurhidayah mensyukuri raihan adipura yang ke 12 ini. Ia mengatakan jika ini adalah penghargaan atas kerja bersama, baik tim dari pemerintah daerah, pihak swasta, dan yang paling utama ialah peran serta seluruh masyarakat Kotawaringin Barat.

    “Kedepan tantangan kita adalah bagaimana mempertahankan penghargaan ini, dan ini tentu saja harus didukung oleh sinergitas semua elemen yang ada,” katanya seraya berharap jika ke depan Kobar tidak hanya meraih penghargaan adipura, namun harus mampu meraih Adipura Kencana.

    (man/beritasampit.co.id)

    Editor : Irfan