Pemkab Sukamara Upayakan Perbaikan Kualitas Produksi Padi

    Editor: A Uga Gara

    SUKAMARA – Pemerintah Kabupaten Sukamara berupaya untuk meningkatkan kualitas dan nilai jual produksi padi diwilayah tersebut.

    Hal utama yang akan dilakukan agar dapat mencapai target perbaikan kualitas panen adalah merealisasikan kebutuhan mesin penggilingan padi.

    “Adanya permintaan bantuan untuk mesin penggilingan padi dari petani ini sangat kami dukung mengingat selama ini penggilingan yang baik akan menentukan kualitas beras yang dihasilkan, dan kemungkinan bisa direalisasikan pada tahun 2020 mendatang,” kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Sukamara Irlan Khodriansyah, Jumat (25/1/2019).

    Menurutnya, Saat ini kualitas beras milik petani tidak sesuai dengan harapan, pasalnya saat penggilingan banyak gabah yang rusak sehingga hasil beras juga kurang berkualitas karena mesin yang kurang mendukung, sehingga apabila nantinya ada mesin penggilingan padi sesuai dengan kebutuhan maka dijamin produksi beras yang dihasilkan tidak kalah dengan beras dari luar.

    “Upaya yang kami lakukan adalah sharring dengan pemerintah desa, yaitu pemkab yang menyediakan mesinnya dan desa yang menyediakan bangunannya,” kata Irlan.

    Tidak hanya mesin penggilingan yang akan direalisakan tahun depan, tapi juga DKPP Sukamara siap mengupayakan untuk mesin pengemasan sehingga produk-produk beras dari petani dapat bersaing dengan beras luar dalam segi pemasaran.

    “Dengan pengemasan yang baik paling tidak ada ciri khas dari Kabupaten Sukamara untuk produksi beras kita,” tukas Irlan.

    (enn/beritasampit.co.id)