KPU Pulpis Kukuhkan 55 Relawan Demokrasi, Ini Tugasnya?

    Editor: A Uga Gara

    PULANG PISAU – Ketua KPU Pulang Pisau, Yuliana mengukuhkan sebanyak 55 Anggota Relawan Demokrasi (Relasi) Pemilu 2019, Jumat pagi (25/1/19) kemarin.

    Usai mengikuti pengukuhan, Anggota Relasi langsung mRNGIKUTI bimbingan teknis (Bimtek) yang dilaksanakan oleh KPU setempat.

    Ketua KPU Pulang Pisau, Yuliana dalam sambutannya mengatakan, pengukuhan dan Bimtek merupakanan kegiatan wajib diikuti oleh para anggota Relasi untuk memahami tupoksinya.

    “Pembekalan yang diberikan, yaitu tentang materi yang perlu disampaikan ke masyarakat, seperti tentang sosialisasi teknis tata cara pemungutan suara, sosialisasi daftar pemilih, dan pentingnya masyarakat harus aktif dalam setiap tahapan pemilu,” ucap, Sabtu (26/1/19).

    Lanjutnya, para Relasi ini meliputi 10 basis pemilih, yaitu basis keluarga, pemula, muda, perempuan, penyandang disabilitas, berkebutuhan khusus, kaum marjinal, komunitas, keagamaan, dan warga internet. Basis tersebut, dilatarbelakangi dari kebutuhan masing-masing segmen.

    “Ada segmen disabilitas, netizen, pemilih perempuan, pemilih pemuda, pemilih pemula, segmen komunitas, hingga segmen kewilayahan,” katanya.

    Sebanyak 55 orang dalam 10 basis ini akan menjangkau semua segmen pemilu. “Mereka akan bekerjasama dengan PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) dan Panitia Pemilihan di tingkat desa untuk melakukan sosialisasi dan pendidikan pemilu,” terangnya.

    Pihaknya berharap, dengan dikukuhkannya anggota relasi ini, maka akan memberikan kontribusi nyata dalam pemilu 2019 ini, terutama pada partisipasi pemilih.

    “Semoga, pemilu 2019 ini berjalan dengan aman, lancar, dan damai,” tutupnya.

    (pra/beritasampit.co.id)