Beta Dorong BPPRD Kota Palangka Raya agar Bekerja Maksimal Tingkatkan PAD

    PALANGKA RAYA-Ketua Komisi A DPRD Kota Palangka Raya, Beta Syailendra meminta kepada Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) Kota Palangka Raya agar bekerja maksimal dalam meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD).

    Pasalnya menurut Ketua DPD PAN Kota Palangka Rara ini, kalau melihat dari struktut anggaran yang ada, kinerja instansi terkait belum maksimal meningkatkan PAD.

    Padahal, menurut dia potensi pajak dan retribusi daerah sebagai salah satu sumber PAD cukup besar. Untuk itu dari Komisi A DPRD Kota Palangka Raya mendorong BPPRD bisa bekerja maksimal.

    “Sebagaimana kita ketahui, Visi dan Misi Walikota dan Wakil Walikota Palangka Raya, salah satunya meningkatkan PAD untuk membiayai pembangunan, tapi kalau melihat struktur anggaran belum maksimal,” tukas Beta, kepada awak media, Senin (28/1/2019).

    Beta juga berharap agar BPPRD Kota Palangka Raya bisa melakukan terobosan-terobosan dan inovasi, sehingga pendapatan daerah dari sektor pajak dan retribusi daerah bisa maksimal.

    “Paling tidak dari sekitar 94 asumsi di APBD 2019 ini, paling tidak harus terpenuhi dan kita mendorong bisa melampaui target itu. Karena kita pernah melampaui itu pada tahun 2016 lalu,” ucap Beta seraya mengingatkan.

    Dia menambahkan, dari hasil evaluasi terhadap PAD 2018, kinerja BPPRD Kota Palangka Raya masih brlum maksimal. Namun secara umum, imbuhnya, dari hasil paparan pihak terkait, PAD 2018 baru tercapai sekitar 64 persen.

    “PAD itu banyak itemnya, tetapi dari sektor penyumbang PAD terbesar yang tidak tercapai itu dari hasil pendapatan yang dipisahkan, misalnya ada tender, bila kelebihan bayar dikembalikan. Nah dari itu yang tidak tercapai,” tukasnya.

    (gra/beritasampit.co.id)