Naik Motor Traill, Wabup Kobar Monitoring Pembangunan Jaringan Listrik Pedesaan

    PANGKALAN BUN – Dengan naik sepeda motor traill, Wakil Bupati Kotawaringin Barat Ahmadi Riansyah langsung monitoring rencana pembangunan jaringan listrik di pedesaan Kecamatan Kumai. Dan hasilnya sekitar dua minggu kemudian pembangunan jaringan tiang listrik telah berdiri.

    “Pada 3 Januari 2019, saya dengan rombongan intansi terkait, sengaja membawa sepeda motor traill untuk langsung monitoring Jalan Desa sei Bedaun dan Desa Sekonyer Kecamatan Kumai sambil menampung aspirasi masyarakat desa, karena beberapa desa di wilayah Kumai sebrang masyarakatnya belum menikmati aliran listrik,” kata Ahmadi Riansyah, Minggu (27/1/2019).

    Menurutnya, setelah pihaknya membentuk tim dari pemerintah dan PT PLN kemudian survei ke lapangan, monitoring jalan desa yang telah dibuka melalui konsorsium yang nantinya akan ditanam tiang jaringan listrik. Kemudian menggelar rapat.

    “Setelah rapat Selasa 15 Januari 2019 di Aula Kantor Bupati, kemudian Kamis 24 Januari 2019 kami survei ke lapangan, alhamdulillah sebanyak 66 tiang jaringan listrik disepanjang jalan konsorsium sudah terpasang,yang titik terakhirnya berada di wilayah PT SSS,” ungkap Wabup Kobar ini.

    Selain di wilayah PT SSS, lanjut dia, titik pemasangan tiang listrik juga berada di wilayah PT BLP yaitu sepanjang 16 km2.

    “Sudah ada kesepakatan bersama, bahwa kebun yang terdampak dalam rencana pemasangan tiang listrik tersebut akan dilakukan pemangkasan sehingga tidak akan mengganggu jaringan listrik,” imbuhnya.

    Sementara untuk lokasi di Desa Sei Bedaun dan Sekonyer pun juga sudah ditentukan titik pemasangan tiang listrik oleh pihak PLN. Sudah ada kesepakatan bersama antara pemerintah daerah, PLN dan pihak perusahaan dalam pembangunan jaringan listrik ini.

    “Kebijakan pembangunan infrastruktur menjadi prioritas di wilayah Kumai seberang ini. Selain telah dimulainya jalan penghubung antar desa melalui konsorsium, layanan energi listrik juga menjadi hal yang penting untuk segera dilaksanakan pembangunannya. Kami berharap ke depan masyarakat terus mendukung upaya pemerintah daerah ini demi mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat di wilayah desa-desa yang selama ini terkucilkan akibat kondisi infrastruktur jalan yang kurang memadai,” beber Ahmadi Riansyah.

    (man/beritasampit.co.id)