Bupati Puji Perkembangan Desa Panahan

    Editor : Maulana Kawit

    PANGKALAN BUN – Bupati Kabupaten Kotawaringin Barat Hj Nurhidayah, Rabu (30/1/2019) meresmikan kantor Desa Panahan Terpadu di Kecamatan Arut Utara (Aruta) Kabupaten Kobar.

    Dalam acara itu di hadir juga Wakil Bupati Kobar Ahmadi Riansyah, Wakil I DPRD Kobar Rusdi Gozali, Wakil II DPRD Kobar Mulyadin, Ketua Komisi C DPRD Kobar Sarwani, Kapolres Kobar AKBP Arie Sandy ZS, SIK. MSi dan Dandim 1014 Pangkalan Bun Letkol Inf M Sulaeman.

    Ditempat itu Kepala Desa Panahan Nina Erpina mengatakan bahwa Desa Panahan merupakan desa paling ujung yang berada di perbatasan Kabupaten Lamandau dan Kabupaten Seruyan.

    Saat ini akses jalan menuju Desa Panahan telah terbuka setelah di bangun oleh perusahaan melalui program konsorsium.

    “Mungkin agak sedikit beda karena kantor baru kami dengan nama Kantor Desa Panahan Terpadu karena di kantor ini sebagai lintas pelayanan yang di buka sesuai jam kantor pada umumnya,” Kata Nina Erpina.

    Semenjak tahun 2016 dengan dibantunya anggaran dana Desa, menurut Nina pihaknya juga sudah bisa membangun jalan dalam desa dengan cor beton serta pemenuhan air bersih bagi masyarakat desa Panahan.

    “Jika selama ini masyarakat melakukan aktivitas mandi cuci kakus di sungai tetapi saat ini sudah ditinggalkan karena setiap kepala keluarga telah memiliki kloset didalam rumah dengan air yang bersih, bahkan Dinas Kesehatan Kobar telah meninjau langsung, tinggal menunggu sertifikatnya saja bahwa masyarakat desa Panahan telah bebas BAB sembarangan,” Kata Kepala Desa Panahan.

    Dalam kesempatan itu juga Kades Panahan menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati dan Wakil Bupati Kobar karena telah membuka akses jalan menuju desa Panahan melalui program konsorsium. Jika sebelumnya untuk menuju desa Panahan sangat sulit kini akses itu telah terbuka.

    Ditempat yang sama Bupati Kobar Hj Nurhidayah menyampaikan apresiasi kepada Jajaran Desa Panahan yang telah menggunakan dana desa dengan baik dan tepat sasaran.

    “Saya kagum sekali dengan semangat aparat desa dan masyarakatnya yang telah bahu membahu membangun desa, tadi pun saya lihat secara langsung kondisi jalan dan dalam desa ini, sangat luar biasa, bersih dan kondisi jalan dalam desanya kualitas terbaik, saya pesan tolong di jaga dan di rawat setiap hasil pembangunan agar dapat di nikmati dalam waktu yang lama,” terang Hj Nurhidayah.

    (Man/Beritasampit.co.id).