Pilih Jalur Politik, Sarjana Muda Asal Katingan Bawa Segudang Cita-cita

    Oleh: Maulana Kawit

    Bonus demografi mulai terasa di kehidupan masyarakat dimana besarnya penduduk usia produktif antara 15 – 64 tahun dalam suatu negara mendominasi disetiap lini kehidupan masyarakat.

    Salah satunya yang paling nampak adalah peran kaum muda ikut terlibat aktif dalam pembangunan, baik dari segi ekonomi, keamanan, budaya, seni dan politik.

    Fase bonus demokrasi ini banyak pengamat memprediksi menjadi kesempatan emas Bangsa Indonesia dimana jumlah penduduk produktif lebih banyak, sehingga kaum muda menjadi aset paling berharga sebagai penentu arah bangsa.

    Keikut sertaan kaum muda membangun suatu daerah pun beragam, dari membuat usaha menjadi wirausahawan muda, menjadi pendidik, abdi negara PNS, perawat, pendakwah hingga memilih jalur politik.

    Hal itu yang dilakukan seorang pemuda desa asal Katingan, Hendra Pitika alumni Universitas Palangka Raya (UPR) yang merupakan sarjana muda (S1) program studi Ilmu Pemerintahan.

    Putra dari pasangan Hernando beserta Hurniaty ini, di usianya ke 21 tahun dirinya memberanikan diri terjun kedunia politik dengan maju sebagai salah satu peserta pemilu melalui partai yang di dominasi para pemuda (PSI).

    Berbekal berbagai pengalaman organisasi cucu dari Bulu Saleman dan Alang ini memantapkan diri memilih jalur pengabdian melalui politik.

    Dirinya merupakan caleg termuda di Kabupaten Katingan. ” Ya, Waktu saya mendaftar sekitar 3 minggu sebelum penetapan caleg oleh KPU umur saya sudah genap 21 tahun sehingga bisa dikatakan termuda Kabupaten Katingan bahkan Indonesia. Menurut saya politik adalah alat perjuangan, semoga usah ini akan dimuluskan hingga akhir,” singkat Hendra Pitika.

    Dirinya menghabiskan masa kecilnya di kampung halamannya yang saat itu akses perjalan cukup sulit akibat prasarana belum memadai, enam tahun dirinya habiskan di SD Tumbang Sanamang, kemudian melanjutkan pendidikan di SMPN 1 Tumbang Sanamang, meski dalam keterbatasan dirinya terus mengejar impianya menyelesaikan pendidikan SMAN 1 Katingan Hulu.

    Belum merasa puasa mengenyam dunia pendidikan, dirinya hijrah ke Kota Cantik Palangka Raya hingga mendapatkan gelar S1 dan sekarang kembali ke kampung halaman membawa segudang cita-cita untuk membangun daerah.

    Hendra Pitika tercatat aktif saat menjadi mahasiswa berbagai organisasi Internal dan eksternal sempat terekam dalam perjalanan karirnya seperti pengurus himpunan Jurusan IP 2015-2016, Ketua Persekutuan MHS dan Pelajar Kristen Kabupaten Katingan (PMPK3) 2014-2015.

    Kepala Bidang Humas Himapakat 2015-2017. Anggota GMNI, anggota posko perjuangan rakyat (Pospera) kabupaten Katingan. Anggota lembaga kolaborasi rotan ramah lingkungan Kalimantan Tengah.

    Selamat berjuang semoga cita-cita besar ini dimudahkan jalanya. (*)

    • Penulis adalah wartawan beritasampit.co.id yang tinggal di Kasongan, Kabupaten Katingan