Kapolres  Katingan: Wujudkan Kaum Milennial  Cinta Lalu Lintas

    Editor: A Uga Gara

    KASONGAN – Kapolres Katingan AKBP Elieser Dharma Bahagia Ginting SIK beserta jajarannya menggelar silaturahmi dengan kaum millennial Kabupaten Katingan, di Nowella Cafe Kasongan, Rabu (6/2/2019) malam.

    Kegiatan silaturahmi dengan kaum millennial ini tidak lain guna mewujudkan millenial cinta lalu lintas menuju indonesia gemilang khususnya di Bumi Penyang Hinje Simpei tersebut.

    “Latar belakang kegiatan ini diantaranya banyaknya kecelakaan lalu lintas serta menjadi korban narkotika berbahaya (narkoba) dimana usia millenial berusia 17 tahun hingga 35 tahun, selain berdasarkan data WHO banwa angka kematian manusia nomor 2 disebabkan laka lantas, kemudian no 1 yakni sakit, mulai dari paru -paru, jantung, diabetes serta disebabkan laka lantas,” terang Kapolres yang akrab dipanggil Dharma Ginting saat itu.

    Ia menambahkan, bahwa sesuai Undang-Undang no. 22 Tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan dimana pemerintah bertanggungjawab atas kecelakaan lalu lintas dijalan dan berdasarkan data sejak tahun 2014 hingga 2018, angka kecelakaan selalu meningkat tiap tahun mulai 96 ribu jiwa korban meninggal meningkat menjadi 98 ribu jiwa. Kemudian mencapai 99 ribu jiwa korban meninggal bahka saat ini memcapai 100 ribu jiwa.

    “Dimana dampak vital meninggal dunia angka kecelakaan laka lantas pada usia millenial yaitu antara 17 sampai dengan 35 tahun “, ujar Kapolres.

    Untuk itulah menurutnya perlu langkah dari pemerintah guna mencegah hal- hal negatif terhadap kaum millenial yakni pada tanggal 23 Februari hingga 31 maret 2019 secara serentak melaksanakan silaturahmi kebangsaan secara menyeluruh di seluruh Indonesia.

    “Di Katingan kita punya kegiatan disebut Katingan Bomers Festival merupakan singkatan Katingan Borneo Road Safety Millenial Festival. Khusus di Kabupaten Katingan akan dilaksanakan pada hari minggu tanggal 10 Februari 2019, menggelar kegiatan positif yakni jalan sehat, senam kolosal kebangsaan, deklarasi kaum millenial, pameran kreasi dari kaum millenial, safety riding dengan target sebanyak 2000 peserta yang akan di helat di bundaran Kantor Bupati Katingan,” pungkasnya.

    Perlu diketahui, acara silahturahmi kebangsaan Kapolres Katingan yg digelar selain di hadiri oleh Kapolres Katingan dan Pejabat Utama Polres Katingan, Wakil Bupati Katingan, juga di hadiri oleh semua Organisasi Kepemudaan yang ada di Kabupaten Katingan, insan pers dari PWI Katingan.

    (ar/beritasampit.co.id)