Berikan Jaminan Kesehatan Masyarakat, Pemkab Barsel Tingkatkan Standar RSUD Jaraga Sasameh

    Editor : Maulana Kawit

    PALANGKA RAYA – Terkait dengan akan naiknya tipe Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Jaraga Sasameh di Kabupaten Barito Selatan, direktur dan seluruh Stakeholder terutama untuk dokter spesialis, dokter umum dan seluruh perawat diminta untuk bisa mempertahankan kinerja yang selama ini bisa dikatakan berhasil.

    Hal tersebut disampaikan oleh Bupati Barito Selatan H Eddy Raya Samsuri pada Kamis (14/2/2019). Menurut Eddy bahwa memang tugas dari rumah sakit adalah memberikan pelayanan yang terbaik kepada seluruh masyarakat Barito Selatan.

    “Tahun lalu dengan anggaran kurang lebih 24 milliar ada sekitar 140 ribu masyarakat Barito Selatan yang dicover oleh BPJS cukup dengan syarat punya NIK (nomor induk KTP) dan KK (kartu keluarga) maka masyarakat dapat dijamin oleh BPJS dalam pelayan kesehatan,” ucap Eddy.

    Selain itu Eddy berharap agar RSUD bisa beriringan dengan program seperti BPJS dan UHC (Universal Health Coverage) yang dalam perubahan kali ini akan mengcover 100 persen untuk BPJS.

    Untuk perkembangan di awal tahun 2019 pihaknya sudah mencoba untuk mengalokasikan anggaran sementara sekitar 8 milliar untuk masyarakat miskin dan kurang mampu serta dia mengakui dengan adanya UHC tersebut bisa meningkatkan PAD untuk rumah sakit dan juga pemerintah daerah.

    Pihaknya dan juga legislatif rencananya dalam anggaran perubahan akan menambahkan anggaran sebesar 12 milliar yang bertujuan agar kesehatan masyarakat di Barito Selatan dapat terjamin dan tercover oleh BPJS.

    Selain dari segi anggaran pemerintah Barito Selatan dalam hal ini RSUD Jaraga Sasameh sudah mempunyai ruang operasi yang komplit bahkan satu-satunya yang berada di DAS Barito dan diharapkan dapat ditingkatkan terus dan juga dapat sharing dana APBN Pusat serta APBD Provinsi agar RSUD tersebut bisa menjadi rumah sakit yang lengkap serta dapat menjadi rujukan di DAS Barito dan sekitarnya. Karena menurutnya harus ada peran serta dari setiap pihak terkait dalam mewujudkan kesejahteraan khususnya dalam bidang kesehatan bagi masyarakat Barito Selatan.

    (apr/beritasampit.co.id)