Palangka Raya Tuan Rumah HUT Kalteng ke- 62

    Editor : Maulana Kawit

    PALANGKA RAYA – Kota Palangka Raya ditetapkan sebagai tuan rumah HUT Kalteng dan juga sebagai tuan rumah Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) yang rutin tiap tahun dilaksanakan.

    Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kalteng ke-62 yang jatuh pada 23 Mei 2019 nanti, meski begitu kesiapan penyelenggaran mulai dari penentuan tuan rumah mulai dilaksanakan.

    Hal tersebut disampaikan oleh Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Setda Provinsi Kalimantan Tengah H Nurul Edy pada Kamis (14/2/2019) di Komplek Kantor Gubernur Kalteng, Palangka Raya.

    Menurut Nurul Edy bahwa ditetapkannya Palangka Raya sebagai tuan rumah perayaan HUT Kalteng tentu melalui berbagai pertimbangan.

    Salah satunya adalah bertujuan untuk meningkatkan geliat perekonomian serta pariwisata khususnya di Kota Palangka Raya yang notabenenya merupakan ibu kota Provinsi Kalteng.

    “Apalagi untuk membuktikan bahwa wajar dan pantas Kota Palangka Raya sebagai Bali yang ke 11 tentu harapannya dengan adanya HUT Kalteng yang dirangkai dengan FBIM selain sektor perekonomian juga sektor pariwisata akan meningkat,” ucap Nurul Edy.

    Lanjut Edy meskipun sebelumnya ada kebijakan terkait dengan penetapan tuan rumah HUT Kalteng yang ditetapkan di Kabupaten lainnya secara bergiliran yakni dua Kabupaten yang telah melaksanakan yaitu Kabupaten Kapuas dan Kabupaten Kotim, tentu menurutnya hal tersebut tidak akan mengurangi esensi dari agenda tahunan tersebut.

    Edy menjelaskan bahwa tiap Kabupaten juga berpotensi untuk meningkatkan perekonomian dan pariwisata khususnya dengan event hari jadi kabupaten masing-masing. Untuk Kota Palangka Raya sendiri diluar event HUT kota tentunya jangan sampai sepi perhatian khususnya dari masyarakat luas.

    Sementara itu untuk pelaksanaan FBIM yang diisi dengan lomba-lomba dan juga pameran pihaknya sedang mengupayakan agar pelaksanaannya sebelum bulan puasa mengingat bulan mei sudah masuk bulan suci Ramadhan bagi umat Islam.

    Sementara itu untuk hari puncak perayaan HUT Kalteng sendiri masih akan didiskusikan apakah akan dirubah dari tanggal 23 Mei atau pada bulan Juni 2019 mendatang.

    (apr/beritasampit.co.id)