Pemilu 2019, Pengamat Prediksi Angka Golput Bisa Meningkat, Legislator Sebaliknya

    Editor: Irfan

    JAKARTA – Pengamat Komunikasi Politik, Umaimah Wahid memprediksi angka Golput atau pemilih yang tidak mencoblos pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 berpotensi akan meningkat dibanding tahun 2014 lalu.

    Hal itu diungkapkan Umaimah dalam diskusi Empat Pilar MPR RI ‘Potensi Golput di Pemilu 2019’ di Gedung Nusantara III, Parlemen Senayan, Jakarta Selatan, Senin, (18/2/2019).

    “Saya melihat peluang adanya golput itu tetap ada. Sekitar 20-30 persen. Dan bisa dikatakan bisa naik dari pemilu tahun 2014,” ujar Umaimah.

    Akan tetapi, menurut dia, masih ada kurang lebih dua bulan itu bagi Komisi Pemilihan Umum (KPU) menekan angka golput tersebut dengan cara mensosialisasikan kepada masyarakat bahwa pemilu itu penting bagi masa depan bangsa.

    “KPU harus lebih gencar sosialisasi, sebab, kalau tidak cukup disosialisasikan, maka akan jadi masalah,” imbuhnya.

    Selain itu, kata Umaimah, partai politik (Parpol) dalam hal ini memiliki tanggung jawab konsekuensi logis untuk edukasi dan meyakinkan masyarakat untuk memilih pada 17 April 2019 mendatang.

    Umaimah menjelaskan meski golput itu tidak dilarang undang-undang. Namun, jika merujuk pada pasal 28 UUD 1945 itu mengharuskan semua warga negara berhak memajukan dirinya dalam mempertahankan haknya secara kolektif untuk membangun bangsa dan negaranya.

    “Jadi, saya berharap sosialisasi dari pihak KPU lebih ‘trust’ dan maksimal untuk meyakinkan masyarakat datang ke TPS, karena yang menentukan arah bangsa ini adalah rakyat,” harap Umaimah Wahid.

    Sementara itu, Anggota Fraksi Gerindra MPR RI, Ahmad Riza Patria menyebut angka golput dalam pemilihan legislatif (pileg) dan pemilihan presiden (pilpres) secara serentak pada 17 April 2019 mendatang akan menurun.

    Karena, beber Riza, kelompok Akademisi, ulama dan tokoh-tokoh masyarakat lainnya yang melek politik dibanding pilpres 2014 lalu.

    “Bukan hanya itu. Kita bisa lihat atensi emak-emak dan kaum Millennial, mereka sangat peduli. Nah ini semoga bisa menekan angka golput d pemilu tahun ini,” pungkas Riza Patria.

    (dis/beritasampit.co.id)