Jam Karet Tradisi di Kabupaten Pulang Pisau

    Tanpa kami kau tidak akan menjadi seseorang, tanpa kami kau tidak akan punya jabatan, tanpa kami kau bukan apa-apa dan karena kami statusMu diangkat menjadi golongan orang-orang yang dipanggil terhormat….

    Oleh: M. Pradila Kandi

    MENJADI orang yang menghargai waktu penting sekali. Karena setiap waktu yang berputar tidak akan bisa kembali ke masa silam. Oleh karena itu, sebaiknya setiap orang memanfaatkan setiap detik waktu.

    Menghargai waktu juga bisa dikatakan sebagai realisasi disiplin adalah salah satu sikap individu manusia yang dapat memaneg waktunya dengan baik.

    Namun tidak demikian terjadi di lingkungan pemerintahan (Lingkup) Kabupaten Pulang Pisau. Kerap kali, dalam setiap rapat yang diadakan Pemerintah Daerah maupun Kantor DPRD Pulang Pisau selalu mengalami keterlambatan yang sangat lama.

    Seperti yang terjadi tadi malam, Senin (18/2/19) saat DPRD mengadakan Rapat Paripurna ke-5 Masa Aidang ke-I mengalami keterlambatan selama dua jam lebih dari jadwal yang ditentukan sekitar pukul 19.00 WIB. Saepertinya jam karet ini merupakan suatu tradisi buruk yang sulit berubah baik.

    Sebagai seorang wakil rakyat, tentunya ketepatan waktu merupakan tolak ukur yang menentukan bisa atau tidaknya menjalankan amanah rakyat yang diemban. Sebab, banyak sekali aspirasi masyarakat yang dipegang oleh setiap individu anggota DPRD.

    Padahal, rapat paripurna tersebut sangat penting karena menentukan nasib rakyat yang mengharapkan wakilnya bekerja secara totalitas demi kesejahteraan masyarakat luas dan bukan untuk mengisi kantong sendiri.

    Jangan hanya saat perjalanan luar daerah saja kau menepati waktu, jangan hanya pembagian gajih saja kau menepati waktu, jangan hanya undangan makan-makan saja kau menepati waktu, tapi tepati waktu untuk rapat yang penting demi masyarakatmu.

    Bukan untuk diriku tapi untuk masyarakat Kabupaten Pulang Pisau, kepada Anggota DPRD yang terhormat agar benar-benar menjalankan amanah yang sudah diberikan oleh rakyat. Sebab, ketepatan waktu telah menggambarkan pribadimu.

    Tanpa kami kau tidak akan menjadi seseorang, tanpa kami kau tidak akan punya jabatan, tanpa kami kau bukan apa-apa dan karena kami statusMu diangkat menjadi golongan orang-oran yang dipanggil terhormat. (*)

    Penulis adalah wartwan beritasampit.co.id tinggal di Pulang Pisau