Mengejutkan, Pemilih Katingan Meningkat Mencapai Ribuan

    KASONGAN – Hasil pleno daftar Pemilih Tambahan (DPTb) KPU Kabupaten Katingan cukup mengejutkan. Pasalnya, terjadi peningkatan signifikan pemilih yang mencapai ribuan.

    Dari daftar pemilih yang sebelumnya berjumlah 113.267 pemilih menjadi 114.382 pemilih pada pemilihan umum 17 April 2019 mendatang. Hal ini diketahui saat rapat pleno rekapitulasi hasil penyusunan DPTb dan DPK pada pemilu 2019 di tingkat Kabupaten Katingan, di kantor KPU Katingan, Senin (18/2) kemarin.

    Selain komisioner KPU Kabupaten Katingan dan PPK se-kabupaten Katingan dalam rapat pleno tersebut juga hadir pula dari Bawaslu Katingan, pengurus partai, Kapolres Katingan, utusan Lapas Narkoba dan perwakilan Disdukcapil Katingan.

    Dalam sambutannya, Ketua KPU Kabupaten Katingan, Usman Sitepu mengatakan terjadinya peningkatan jumlah pemilih tersebut dikarenakan banyaknya karyawan perusahaan-perusahaan yang beroperasi di kabupaten Katingan belum terdata dalam DPTb untuk pemilu 2019 mendatang.

    “Setelah kita lakukan pemetaan potensi pemilih dan terjun langsung ke lapangan melakukan jemput bola. Kita dapatkan jumlah yang cukup signifikan di beberapa perusahaan tersebut,” jelas Usman.

    Ia menambahkan, kemungkinan jumlah pemilih untuk kabupaten katingan ini bisa jadi terus bertambah karena sesuai jadwal tahapan pemilu masih terus berjalan serta berpeluang bagi warga negara yang belum masuk dalam DPTb dan Daftar Pemilih Khusus (DPK) bisa masih masuk sebagai pemilih.

    “Peningkatan partisipasi pemilih ini tidak lepas dari peran penyelenggara di tingkat bawah seperti PPS dan PPK yang pro aktif melakukan pendataan dengan jemput bola ke lokasi-lokasi potensi pemilih,” ungkap Usman.

    Ia mengapresiasi penyelenggara di jajarannya yang sangat serius melakukan pendataan ke lapangan. Karena menurutnya, jangan sampai ada warga yang haknya untuk memilih pemimpin-pemimpin baik di daerah maupun presiden nantinya tidak tersalurkan.

    Ia juga berharap penyelenggaraan Pemilu 2019 mendatang dapat berjalan dengan baik dan sesuai regulasi yang sudah ditetapkan oleh KPU. Diakhir sambutannya Usman mengungkapkan KPU siap melayani dan KPU Kerja terbaik.

    (Maulana.Kawit/Beritasampit.co.id)