Pemkab Katingan Dukung  Terselenggaranya Proses Akreditasi RSUD Mas Amsyar Kasongan

    Editor: A Uga Gara

    KASONGAN-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Katingan mendukung penuh terselenggaranya proses akreditasi rumah sakit sesuai dengan peraturan perundangan.

    Dukungan tersebut disampaikan oleh Bupati Katingan Sakariyas saat membuka secara resmi Workshop Standar Nasional Akreditas Rumah Sakit (SNARS) Edisi I RSUD Mas Amsyar Kabupaten Katingan, di aula kantor BPKAD Katingan, Selasa (19/2/2019).

    Menurut Sakariyas, saat ini dukungan diberikan dalam hal masih dialokasikan anggaran dana APBD meskipun status pendanaan sudah BLUD. “Saya sebagai pimpinan daerah menyatakan dukungan terhadap pelaksanaan akreditasi rumah sakit ini,” ucapnya.

    Dirinya berharap seluruh pengawai di RSUD Mas Amsyar Kasongan untuk selalu melaksanakan semua ketentuan dan aturan terkait akreditasi rumah sakit dan pelayanan publik yang tentunya di dukung dengan pengawasan atau monitoring yang konsisten dan obyektif.

    Direktur RSUD Mas Amsyar Kasongan dr Noor Sanuri dalam laporannga mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan tersebut dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan RSUD Mas Amsyar Kasongan yang wajib terintegitasi.

    Menurutnya, RSUD Mas Amsyar Kasongan sudah melewati satu kali penilaian akreditasi yaitu pada tahun 2016 dengan predikat lulus tingkat perdana. Sehingga tiga tahun berikutnya atau pada tahun 2019 ini maka rumah sakit ini melakukan penilaian ulang akreditasi. Sehingga dilakukan persiapan-persiapan dalam menghadapi penilaian tersebut.

    Tujuan umum pelaksanaan Workshop ini adalah meningkatkan mutu pelayanan dan keselamatan pasien rumah sakit melalui standar nasional akreditasi rumah sakit edisi satu.

    “Tujuan khusus yaitu, meningkatnya pemahaman dan standar rumah sakit, meningkatnya pemahaman tata cara survei akreditasi rumah sakit, meningkatnya pemahamanan tata cara untuk menyiapkan dokumen yang diperlukan saat pemberian akreditasi serta meningkatkan pemahanan dan sumber daya manusia,” pungkasnya.

    (ar/beritasampit.co.id)