Hindangan Dalam Workshop Provinsi Kalteng Bebas Air Mineral dan Kue Kemasan Plastik, Kenapa ?

    Editor: A Uga Gara

    PALANGKA RAYA – Ada yang berbeda dalam pertemuan para pejabat kali ini di Provinsi Kalimantan Tengah. Seperti dalam acara Workshop Revolusi Mental yang diikuti seluruh pejabat se Kalimantan Tengah di Palangka Raya, Kamis (21/2/2019).

    Jika sebelumnya, diatas meja para pejabat tersaji air mineral dan makanan ringan dalam kemasan plastik, kali ini tidak terlihat seperti biasanya dan yang tersaji air mineral yang sudah dituang dalam gelas kaca dan kue yang disajikan dilam piring.

    Dari penjelasan Sekretaris Daerah Provinsi Kalteng, Fahrizal Fitri yang hadir membuka acara mengatakan, bahwa hal tersebut merupakan salah satu aksi kecil yang dapat dilakukan pemerintah dalam rangka mengurangi limbah sampah plastik dan juga untuk menjaga kelestarian lingkungan.

    “Dalam rangka kebijakan pemerintah untuk mendukung upaya pelestarian lingkungan, khususnya dalam acara ini kita tidak menggunakan air minum dalam kemasan botol plastik serta tidak menggunakan snack dalam kotak kertas seperti biasanya” ucap Fahrizal.

    Apalagi saat ada acara-acara pertemuan biasanya sampah yang dihasilkan dari botol air minum plastik dan kotak snack dari kertas akan menghasilkan limbah sampah yang banyak pula.

    Sehingga lanjut Fahrizal selain dengan menyiapkan langkah – langkah kebijakan yang akan diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari pihaknya berharap bahwa dalam acara tersebut adalah salah satu aksi kecil yang dapat dicontoh oleh yang lainnya.

    Menurut Fahrizal saat ini himbauan untuk tidak menggunakan air minum botol plastik dan snack kotakan tersebut sudah disampaikan kepada lingkungan sekretariat daerah Provinsi Kalteng dan Dinas Lingkungan Hidup Kalteng dan kedepannya diharapkan akan diimplementasikan oleh semua pihak.

    (apr/beritasampit.co.id)