Fantastis! Dalam Sehari Masyarakat Sampit Hasilkan 80 Ton Sampah

537
SAMPAH : BAIM/BS - Tumpukan sampah menggunung di tempat pembuangan akhir yang terletak di Jalan Jenderal Sudirman Km 14 arah Sampit Pangkalan Bun.

Editor: Irfan

SAMPIT – Jumlah sampah yang dihasilkan masyarakat Kota Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) dalam satu hari sebanyak 80 ton sampah yang dibuang depot sampah atau ke tempat pembuangan sementara (TPS).

“Dalam satu hari ada 80 ton sampah setiap hari yang kami angkut dan dibawa ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA),” ucap Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kotim, Sanggul Lumban Gaol, Kamis (21/2/2019).

Sebelum diangkut ke TPA, sampah yang masuk ke depo lebih dulu dipilah, sampah yang bisa dimanfaatkan dan bisa dijadikan kerajinan akan di tinggal di depo. Sedangkan sisanya dibawa ke TPA Jalan Jenderal Sudirman Km 14 Sampit.

Baca Juga:   Kemenkopolhukam Soroti Sengketa Lahan di Kotim

Kata Sanggul, keberadaan depo sampah saat ini membuat volume sampah di perkotaan semakin meningkat. Tidak sedikit masyarakat yang sudah bisa membuang secara langsung sampah ke tiga depo.

Walau demikian, sambung dia, dibeberapa tempat yang pernah menjadi TPS masih saja dittemukan tumpukan sampah yang dibuang sembarangan oleh masyarakat.

“Petugas kebersihan pun terpaksa harus kerja ekstra. Hal itu, karena masih saja ada warga yang membuang sampah tidak pada tempatnya, warga harus sadar terhadap pentingnya kebersihan,” tutup Sanggul.

Baca Juga:   ​Pelantikan Pejabat Kotim Akan Segera Dilaksanakan

(im/beritasampit.co.id)