Jaksa Terima Tersangka dan Barbuk Kasus Kebakaran di Jalan Melati Kapuas

742
PERIKSA : JAKSA FOR BS - JPU Kejari Kapuas Dewi Retna Martani SH memeriksa tersangka Maswardi, Kamis (21/2/2019).

KUALA KAPUAS – Kasus kebakaran permukiman di Jalan Melati RT 29, Kelurahan Selat Tengah, Kecamatan Selat, Kabupaten Kapuas beberapa waktu lalu (19/1/2019) sudah dilimpahkan penyidik Polsek Selat kepada Kejaksaan Negeri (Kejari) Kapuas.

Pada, Kamis (21/2/2019) tersangka dan barang bukti (barbuk)-nya sudah diterima Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejari Kapuas Dewi Retna Martani SH.

“Kasus kebakaran di Jalan Melati Kuala Kapuas sudah tahap II, kemarin (21/2/2019) untuk berkas dan tersangkanya sudah kami terima,” ujar Dewi kepada beritasampit.co.id, Jumat (22/2/2019).

Adapun tersangka dalam kasus tersebut bernama Maswardi (49), warga Jalan Palingkau Baru, Kelurahan Palingkau Baru, Kecamatan Kapuas Murung, Kabupaten Kapuas.

Baca Juga:   Penjual Bakso Keliling Ditusuk Dan Dipukul Pembeli, Hingga Luka Robek, Gimana Ceritanya?

Kata Dewi, dalam pemeriksaan yang dilakukannya, tersangka menerangkan bahwa kebakaran itu bermula ketika sedang menambal ban dalam yang bocor. Untuk mengepres tambalan ban tersebut tersangka menggunakan tungku pembakaran dengan cairan spritus yang dinyalakan menggunakan korek api.

Disaat bersamaan tersangka melakukan pemindahan BBM jenis Pertamax dari jerigen ke dalam botol.

“Dalam pemindahan pertamax ke dalam botol tersebut tumpah ke lantai semen dan merembes ke arah tungku pembakaran ban, seketika itu juga api yang ditungku pembakaran tersebut menyambar pertamax sehingga api membesar,” tutur Dewi.

Baca Juga:   PPID Utama Kabupaten Kapuas Ikuti Bimtek Pengelolaan di Provinsi

Kemudian, sambung jaksa ini, api menjalar ke kios tersangka dan perumahan di sekitarnya.

“Akibat perbuatan itu, kini tersangka kami tahan di Rutan Kapuas. Dan dalam waktu dekat akan kami limpahkan ke pengadilan,” terang Dewi.

Untuk diketahui, kebakaran tersebut terjadi pada, Sabtu (19/2/2019) pagi mengakibatkan lima buah bangunan dan tiga sepeda motor hangus terbakar, dengan total kerugian diperkirakan Rp2.490.000.000 (Dua Miliar Empat Ratus Sembilan Puluh Juta Rupiah).

(irfan/beritasampit.co.id)