Heboh, “Lutung Kasarung” Masuk Perpustakaan

    PANGKALAN BUN – Dongeng /cerita ‘Lutung Kasarung’ di Tatar Pasundan Jawa Barat sampai sekarang tidak pernah pupus. Lutung Kasarung adalah seekor monyet hitam jelmaan anak raja yang dikutuk dewa, kemudian datang ke kota karena terpikat seorang putri raja.

    Nah seekor Lutung yang tiba-tiba ada di atas pohon depan Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) pada, Selasa (26/2/2019) siang tiba-tiba menghebohkan warga pengunjung Perpustakaan. Karena Lutung tersebut warnanya merah (presbytis rubicunda).

    Setelah sejumlah anggota Kasi Penyelamatan Damkar Kabupaten Kobar akan mengamankan Lutung dari atas pohon, tiba-tiba lutung tersebut meloncat dan masuk keruangan kantor Perpustakaan maka ramailah sejumlah orang yang memburunya.

    “Hebat nih ada Lutung Kasarung masuk Perpustakaan”, kata salah seorang pengunjung perpustakaan.

    Monyet/Lutung pun saat diburu sempat beberapa kali menabrak kaca, disangkanya tidak ada penghalang saat mau loncat keluar. Walhasil, sang Lutung ala ’Lutung Kasarung’ itu berhasil juga melarikan diri ke belaknag kantor Perpustakaan. Dan kabur entah kemana.

    Kasi Penyelamatan Damkar Kobar Agus Suhartono mengatakan, apabila warga masyarakat di sekitar belakang kantor Perpustakaan menemukan Lutung tersebut agar masyarakat bisa menghubungi petugas Damkar Kobar atau petugas BKSDA.

    “Karena primata tersebut tergolong langka. Jadi monyet berbulu merah itu nantinya bisa dilepasliarkan ke habitatnya di hutan lindung milik pemerintah,” ujar Agus Suhartono.

    (man/beritasampit.co.id)