Berawal dari Hoby, Maman Wiharja Terbitkan Buku Komik Foto Orangutan

    Usia boleh tua tapi semangat harus tetap muda itulah Maman Wiharja (63) salah seorang wartawan senior di Kota Pangkalan Bun Kabupaten Kotawaringin Barat (Kalteng), yang sampai sekarang masih semangat aktif jadi wartawan bahkan diusianya yang semakin senja, Maman Wiharja terus berkarya melalui tulisan bahkan kini telah menerbitkan sebuah Buku Komik Foto Orangutan yang langka di Indonesia dengan judul “Prof DR Birute Penyelamat Orangutan”.

    Menurut Maman, Buku Komik yang didesain oleh tangannya sendiri setebal 122 halaman bisa terbit diawali dari hobynya membuat desain foto-foto orangutan yang menceritakan Perjalanan Panjang Prof DR Birute Mary Galdikas seorang aktivis lingkungan selama 47 tahun menyelamatkan kehidupan orangutan yang nyaris punah di dunia.

    “Karena saya sudah kenal lama dengan Ibu Birute, saya iseng membuat desain komik foto orangutan, kemudian desain komik itu saya bukukan waktu itu hanya 75 halaman.Setelah desain komik saya perlihatkan kepada Ibu Birute, ternyata Ibu Birute sangat tertarik, akhirnya beliau memberikan modal untuk mencetak komik,” kata Maman memulai ceritanya.

    Lanjut Maman melanjutkan ceritanya saat dibincangi redaksi beritasampit.co.id Isi halaman komik sekitar 60 persen menceritakan sebagain kecil sejarah DR Birute selama 47 tahun menyelamatkan orangutan di Taman Nasional Tanjung Puting Kabupaten Kotawaringin Barat dan 40 persen lainnya menceritakan sejumlah kegiatan konservasi orangutan, seperti kampanye menyalamatkan orangutan kepada para pelajar TK, SD, SMP, SMA, serta kegiatan penanaman bibit pohon yang dilakukan Orangutan Foundation International (OFI).

    Buku komik ini pun disambut baik para sejumlah pengamat, seperti Ahmadi Riansyah Wakil Bupati Kobar, Prof Dr Ir Jeffrie Wattimena, Rektor Universitas Antakusuma (UNTAMA) Pangkalan Bun,Rahmat Nasution Hamka SH MH Anggota DPR RI,Triyanto Ketua DPRD Kabupaten Kobar, Ir Leonard S Ampung MT MH Pjs Bupati Seruyan (saat menjabat ), Ir Helmy Kepala Balai TNTP Kabupaten Kobar, DR Juni Gultom, MT MH Dosen Mekanika Rekayasa UNTAMA, Rody Iskandar Kadis Kominfo Kabupaten Kobar, Drs Fathrurraji Kepala Sekolah SMKN3 Pangkalan Bun, DR Ir Suyatim, MT seorang pengusaha dan Abdul Hafid, S Pi, Ketua Karang Taruna Kalimantan Tengah.

    “Alhamdullliah kesebelas pengamat semuanya mengatakan mendukung dengan ditertbitkannya buku komik foto orangutan berjudul Prof Dr Birute Mary Galdikas tersebut. Dan komentar semua pengamat saya tulis dengan masing-masing fotonya yang ditempatkan pada bagian halaman buku komik terakhir,” ungkap Maman.

    Maman juga menambahkan karena cetaknya sedikit Buku Komik Foto Orangutan baru beredar sebagian kecil di Pangkalan Bun, Sampit dan Palangka Raya

    ”Memang saya jual dengan Harga Rp 85.000,-/buku. Dan dari hasil penjualannya sebagian akan disumbangkan untuk pelestarian orangutan dan sebagian lagi untuk biaya penerbitan berikutnya,” terang Maman Wiharja.

    (Maulana.Kawit/Beritasampit.co.id)