Kades Diimbau Memperluas Relasi dan Kemitraan dengan Investor Guna Percepatan Pembangunan

    Editor: Irfan

    SAMPIT – Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) Handoyo J Wibowo mengimbau kepala desa di daerah setempat bisa memperluas link (relasi) maupun menjaga keharmonisan hubungan dengan pihak investor yang berdomisili di desa masing-masing.

    Ini agar program desa yang sudah berjalan dengan baik tersebut tidak hanya mengandalkan anggaran dana desa baik dari pemerintah daerah maupun pemerintah pusat saja.

    “Tujuan menjaga hubungan serta memperluas link tersebut banyak, salah-satunya meningkatkan keharmonisan dalam bermitra, dan meningkatkan pengetahuan dari berbagai bidang, karena tidak mungkin anggaran yang digelontorkan dari daerah dan pusat itu hanya untuk membangun infrastruktur saja nantinya,” ujar Handoyo, Senin (4/3/2019).

    Bahkan menurutnya, peningkatan pembangunan atau program desa tidak hanya diukur dari infrastruktur saja, melainkan dari sumber penghasilan masyarakat dan juga keberhasilan pemerintah desa dalam memberdayakan masyarakatnya itu sendiri.

    “Program yang ada sebenarnya sudah cukup, hanya tinggal mengarahkan apa yang sekiranya bisa menjadi trayek jangka panjang bagi masyarakat, karena disitu ada program pembangunan, ekonomi, tinggal kita dorong dari pihak investor untuk membantu percepatan pertumbuhan ekonomi di desa masing-masing,” timpalnya.

    Handoyo menjelaskan program desa bisa terlaksana dengan cepat apabila investor mendukung, baik dari program kemitraan yang sudah ada maupun program CSR yang sudah menjadi tanggungjawab mereka.

    “Tinggal bagaimana caranya pemerintahan desa menjaga keharmonisan maupun menambah link yang sudah ada itu, desa juga berhak mempunyai teman kerja yakni investor dalam membangun desanya,” tutupnya.

    (drm/beritasampit.co.id)