Ratusan Peserta OSN SD Bersaing Tingkat Kabupaten Kotim

1228
PEMBUKAAN : ARIFIN/BS-Ketua panitia OSN jenjang SD/MI Kabupaten Kotim saat menyampaikan laporan kegiatan pada saat pembukaan dihalaman SDN 3 MB Hulu, Kecamatan MB Ketapang, Kabupaten Kotim.

Editor: A Uga Gara

SAMPIT – Sebanyak 102 peserta Olimpiade Sains Nasional (OSN) jenjang SD/MI mengikuti lomba tingkat Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim). Namun, dari 102 hanya 6 peserta yang nantinya berhak menjadi duta di tingkat Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) pada 28 Maret 2019.

Ketua panitia OSN jenjang SD/MI Kabupaten Kotim Edie Sucipto mengatakan, setelah seleksi tingkat masing-masing kecamatan dilanjutkan ke tingkat kabupaten.

“Hasilnya ada 102 peserta yang mengikuti OSN tingkat kabupaten. Rinciannya, 51 peserta mata pelajaran ilmu pengetahuan alam dan 51 peserta mata pelajaran matematika,” ujarnya saat menyampaikan laporan pada saat pembukaan olimpiade dihalaman SDN 3 Mentawa Baru Hulu, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Selasa (5/3/2019).

Baca Juga:   5 Tradisi Unik Warga Tionghoa Sambut Imlek, Bersih-bersih Rumah hingga Makna Bagi-bagi Angpao

Jumlah kuota dari provinsi, lanjutnya, ada penambahan. Sebelumnya, kuota yang akan ke tingkat nasional dibatasi hanya 5 perwakilan sedangkan tahun ini maksimal 7 perwakilan.

“Harapan kami, Kotim punya perwakilan ke tingkat nasional karena dua tahun sebelumnya ada beberapa orang perwakilan sudah pernah berlaga ke tingkat nasional,” kata Edie yang juga menjabat Kepala Seksi Kurikulum dan Penilaian SD pada Dinas Pendidikan Kabupaten Kotim ini.

Dia menjelaskan, tahun 2017 ada 3 orang perwakilan yakni, satu orang untuk mata pelajaran ilmu pengetahuan alam dan tiga orang untuk mata pelajaran matematika.

Tahun 2018 ada 2 orang perwakilan mata pelajaran ilmu pengetahuan alam dan matematika. “Tiap tahun Kotim tidak pernah absen mewakili Provinsi Kalteng ke tingkat nasional. Nah, tahun ini kami harapkan ada perwakilan dan mudah-mudahan Kotim peserta terbanyak yang mewakili ke tingkat nasional,” harapnya dan diamini yang hadir pada acara pembukaan tersebut.

Baca Juga:   DPRD Kota Palangka Raya Segera Bahas Empat Raperda yang Diajukan Pemko

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kotim melalui Sekretaris Fahrujiansyah mengaku bangga atas prestasi yang sudah diraih duta-duta Kotim baik ditingkat provinsi bahkan nasional.

“OSN tahun sebelumnya hasilnya luar biasa. Tahun ini kami harapkan lebih baik lagi,” ujarnya.

Ansyah mengimbau kepada para orang tua dirumah maupun guru disekolah, hendaknya jangan pernah bosan memberikan motivasi kepada anak untuk terus mengasah kemampuan mencapai prestasi sesuai bakat dan minat masing-masing anak.

(arifin/beritasampit.co.id)