Pengukuhan Karang Taruna Mentaya Hulu, Diminta Inovatif Angkat Potensi Desa

    SAMPIT – Peran Karang Taruna ditingkat kelurahan/desa sangat penting. Maka dari itu, Karang Taruna desa diminta dapat inovatif, menjadi pelopor dan berperan penuh dalam mengoptimalkan potensi desa. Hal itu ditegaskan Ketua Karang Taruna Kalimantan Tengah (Kalteng) Abdul Hafid.

    Menurutnya, Karang Taruna desa harus mampu menjadi pelopor penggerak masyarakat, khususnya generasi muda dalam hal kegiatan positif. Lanjutnya, kegiatan Karang Taruna justru harus dioptimalkan di desa. Sudah banyak Karang Taruna yang melakuka kerjasama dengan BUMDes untuk melaksanakan kegiatan ekonomi masyarakat.

    “Karang Taruna merupakan organisasi sosial kepemudaan yang berpusat di desa dan kelurahan. Karang Taruna harus meningkatkan kontribusi kepada masyarakat dan daerah,” terang Abdul Hafid saat kegiatan pelantikan dan pengukuhan, Karang Taruna Kecamatan Mentaya Hulu, Rabu (6/3/2019).

    Sementara itu, Plt Camat Mentaya Hulu Sardinin berharap, perannya Karang Taruna dapat lebih diperluas untuk kemajuan desa. “Benahi dan jika brkum terbentuk ayo bentuk Karang Taruna desa. Pengurus buat usulan, bahkan studi kelayakan. Kemudian jalin kerjasama kepada pemerintah dan pihak ketiga,” ucap Sardinin.

    Menurutnya, banyak potensi yang bisa dioptimalkan Karang Taruna, seperti profesi seperti guru, petugas kesehatan dan lainnya. Sehingga kegiatan Karang Taruna bisa diintegrasikan dengan tugas dan fungsi masing-masing seperti pendidikan, kesehatan dan ekonomi. “Kegiatan di desa-desa harus digelorakan lagi. Apalagi rata-rata sudah terbentuk di desa. Kami di kecamatan akan membantu dalam pembinaan kelembagaan.

    Hal yang sama diutarakan Wakil Sekretaris Karang Taruna Kabupaten Kotim Masgajalba yang juga berkesempatan hadir menyampaikan bahwa kegiatan Karang Taruna bukan cuma olahraga, tetapi luas seperti ikut menggerakkan masyarakat, khususnya generasi muda untuk memerangi narkoba.

    Pada kesempatan pelantikan dan pengukuhan Karang Taruna Mentaya Hulu, Rahmat Fauzi yang diberikan kepercayaan untuk menggerakan Karang Taruna Kecamatan setempat, Rahmat meminta dukungan semua pihak hususnya di Kecamatan Mentaya Hulu untuk dapat bersinergi dan mambangun Mentaya Hulu untuk lebih maju lagi melalui Karang Taruna.

    (raf/beritasampit.co.id)