Pelantikan Perangkat Desa Pundu Sesuai SOTK

    SAMPIT – Kepala Desa Pundu, Kecamatan Cempaga Hulu, Kabupaten Kotawaringin Timur, Sugianto akan menerapkan disiplin perangkat desa yang dipimpinnya. Menurut Sugianto, Desa Pundu merupakan wilayah yang luas dengan penduduk yang tinggi. Sehingga aturan pemerintah desa yang baru terhadap penerapan disiplin perangkat desa dapat segera dilaksanakan.

    “Agar pelayanan masyarakat dapat terlayanani dengan baik dan lebih optimal, kita akan tingkatkan kedisiplinan perangkat desa dengan peraturan desa tentang tata kerja pemerintahan desa. Kemudian akan kita terapkan juga sistem pinger print atau sidik jari guna mengontrol kehadirannya,” ujar Sugianto, usai pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan perangkat Desa Pundu, sesuai dengan peraturan tentang Organisasi dan Tata Kerja (STOK) Pemerintah Desa, Jumat (8/3/2019).

    Menurutnya lagi, agar program pembangunan desa dapat berjalan dengan baik, dirinya akan meningkatkan serta mengoptimalkan lagi pelayanan untuk masyarakat. Kemudian meningkatkan hubungan dengan pihak ketiga yang mana program CSR perusahaan besar swasta diwilayahnya cukup banyak.

    “Tentunya kita berharap kepada bapak ibu yang akan duduk di legislatif nanti, agar proaktif mengawal dan mengawasi berjalannya program CSR ini. Sehingga benar-benar sampai ketangan masyarakat. Kami selaku perangkat desa selalu mendukung semua pihak,” terangnya.

    Terlepas dari itu semua, ada beberapa pekerjaan rumah yang belum terselesaikan hingga masa jabatannya berakhir, yakni masih ada masyarakat Pundu yang belum menikmati aliran listrik. Disamping itu, juga akses jalan masyarakat yang masih banyak perlu ditingkatkan.

    Sementara prestasi atau hal yang sudah dicapai yakni dalam hal pembangunan infrastruktur adalah peningkatan jalan desa, pembukaan jalan baru menuju wilayah yang selama ini terisolasi, BUMDesa juga berjalan dengan baik.

    Kemudian, Dana Desa yang masuk dalam APBDesa pembangunan yang juga mendapatkan dana dari APBN yaitu DAK, seperti pada tahun 2018 lalu, Desa Pundu mendapatkan bantuan Rp 1,2 miliar untuk membangun pasar desa dan untuk tahun 2019 mendapatkan bantuan dana yang sangat besar yaitu pembangunan rumah sakit tipe B sebesar Rp 4,5 miliar. Sedangkan hasil SHU BUMDesa yakni pada tahun 2017 sebesar Rp 43 juta, tahun 2018 sebesar Rp 133 juta.

    (raf/beritasampit.co.id)