Pemenang  Sayembara Desain Motif Batik Sukamara Diumumkan

    Editor: A Uga Gara

    SUKAMARA – Panitia Sayembara Desain Motif Batik Sukamara telah mengumumkan pemenang yang berhasil menyabet juara I yaitu Panji Ahmad dengan nila 478 disusul Roby Ariffandi dengan nilai 459,5 serta juara III diraih oleh Bianca Elmandha Prima dengan nilai 432,5.

    Ketua Panitia Sayembara Desain Motif Batik Sukamara, Chaeruddin mengatakan bahwa peserta sayembara desain motif batik Sukamara mencapai 35 peserta dengan total 41 desain motif batik yang didaftarkan untuk mengikuti sayembara tersebut.

    “Ada 41 desain yang masuk dari 35 peserta, kami memilih dan mengutamakan keaslian atau orisinilitas dari karya desain batik itu,” ujar Chaeruddin, Senin (11/3/2019).

    Menurutnya, secara umum kriteria desain yang masuk ke panitia sayembara desain motif batik Sukamara mulai dari kreatifitas, orisinilitas dan muatan lokal serta keunikan ditampilkan oleh peserta.

    “Memang ada beberapa desain yang unik tapi seninya kurang, ada juga yang banyak menambahkan muatan lokal namun karakternya kurang, rata-rata yang dituangkan itu masih kurang seni atau lugu yang ditampilkan apa adanya,” kata Chaeruddin.

    Chaeruddin mengatakan bahwa rata-rata peserta sayembara desain motif batik Sukamara merupakan putra lokal Sukamara dan beberapa kabupaten di Kalimantan Tengah.

    “Ada satu yang dari Jawa namun mereka kurang informasi terkait Kabupaten Sukamara atau unsur muatan lokal didaerah ini,” tukas Chaeruddin.

    (enn/beritasampit.co.id)