SapolPP dan Damkar Barsel, Siap Amankan Pileg dan Plpres 2019 Bersama TNI dan Polri

    Editor: A Uga Gara

    BUNTOK-Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan perasonil Damkar Kabupaten Barito Selatan (Barsel), siap mendukung TNI dan Polri mengamankan jalannya pelaksanaan pesta demokrasi Pileg dan Pilpres 2019 mendatang.

    “Untuk itu, sebanyak 63 personil gabungan Pol PP dan Damkar Barsel, mengikuti pelatihan Penggendalian Massa (Dalmas) selama empat hari,” Kata Satpol PP-Damkar Barsel Eddy Purwanto kepada beritasampit.co.idSenin (11/3/2019).

    Menurutnya, Pol PP tidak hanya melakukan fungsi Penegakan Perda saja dan Damkar bukan hanya menangani bencana kebakaran saja.

    “Akan tetapi, mereka dituntut lebih profesional lagi seperti ikut membantu aparat TNI dan Polri mengamankan pileg dan pilpres 2019 ini,”katanya.

    Dikatakan Eddy Purwanto, personil Pol PP dan Damkar Barsel juga dilatih, langsung oleh pihak TNI AD kesatuan Kodim 1012/Buntok dan Polres setempat.

    “Inti pelatihan dalmas ini juga, lebih ditekan pada penanggulangan yang humanis. Hingga, tidak berbenturan dengan massa,”ucapnya.

    Mengingat kondisi dilapangan lanjut Eddy Purwanto, massa tidak bisa ditebak maka dengan pelatihan ini setidaknya.

    “Anggota Pol PP dan Damkar, sudah dibekali bagaimana caranya menghadapi massa. Dengan, kondisi yang dianggap darurat,”terang Eddy Purwanto.

    Dengan adanya pelatihan dalmas ini kata Eddy Purwanto, mereka lebih disiplin serta lebih sigap dan siaga dalam pengamanan Pileg dan Pilpres 2019 ini.

    “Apalagi, personil Pol PP dan Damkar Barsel dilatih oleh tenaga-tenaga yang profesional yakni dari TNI dan Polri,”jelas Eddy Purwanto.

    Senada Pasi Ops Kodim 1012/Buntok Kapten Inf. Dadang S mengatakan, dalam pelatihan dalmas ini kita membekali pelatihan PBB yakni.

    Bergerak dalam satuan, perpindahan arah dan berubah arah serta latihan Peraturan Penghormatan Militer (PPM).

    “Selain itu juga, kita menerapkan pelatihan PHH yakni latihan pengendalian massa dan penanggulangan anti huru-hara,”beber Dadang.

    Diharapkan, dengan pelatihan Dalmas ini tingkat kedisiplinan personil Pol PP dan Damkar barsel lebih baik lagi. “Kemudian, jiwa korsa mereka akan terjalin antar sesama rekan,” pungkasnya.

    (ded/beritasampit.co.id)