BOSF Kembali Lepasliarkan 6 Orangutan ke TNBBBR Katingan

    Editor: A Uga Gara

    PALANGKA RAYA – Borneo Orangutan Survival Foundation (BOSF) kembali melepasliarkan individu Orangutan ke kawasan Taman Nasional Bukkut Baka Bukit Raya (TNBBBR) wilayah Kabupaten Katingan, Kakimantan Tengah.

    Melepasliarkan individu Orangutan tersebut secara simbolis berlangsung di Istana Isen Mulang, Palangka Raya, Selasa (12/3/2019).

    Keenam orangutan ini terdiri dari 3 jantan, Rosidin (20 tahun), Tristan (16), dan Borneo (1), dan 3 betina, yaitu Buntok, induk Borneo (12), Paijah (15), dan Danida (13).

    Mereka akan melangsungkan perjalanan selama sekitar 10-12 jam menempuh jalur darat dan sungai menuju titik-titik pelepasliaran yang telah ditentukan di hutan TNBBBR.

    CEO BOSF Jamartin Sihite, kepada para awak media mengatakan bahwa pelepasliaran Orangutan tersebut dilakukan karena secara umur Orangutan telah cukup umur untuk kembali ke habitatnya.

    “Orangutan seperti Tristan ini pada tahun 2016 telah kita lepaskan ke kawasan suaka, setelah dirasa cukup barulah kita lepaskan di habitat sesungguhnya” ucap Jamartin.

    Lanjut Jamartin bahwa meskipun Kalteng mempunyai hutan yang luas, namun tidak semuanya hutan cocok dengan habitat Orangutan. Seperti salah satunya habitat Orangutan adalah berada di ketinggian 700 m diatas permukaan laut.

    (apr/beritasampit.co.id)