Kotim Seleksi O2SN dan FLS2N SD. Ini Pesan Kepala Dinas Pendidikan?

    Editor: A Uga Gara

    SAMPIT – Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) kembali mengadakan seleksi Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) dan Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) jenjang Sekolah Dasar (SD). Seleksi dimulai 12-14 Maret 2019.

    Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kotim Suparmadi mengatakan, seleksi itu untuk mencari bibit-bibit yang berkualitas karena akan menjadi duta kabupaten guna mewakili ke tingkat Provinsi Kalteng nantinya.

    “Saya harapkan terutama kepada wasit dan juri hendaknya benar-benar sportif memberikan nilai sesuai dengan janji yang diucapkan,” ujarnya pada saat pembukaan O2SN dan FLS2N SD digedung Indoor Volly Ball Stadion 29 Nopember Sampit, Selasa (12/3/2019).

    Jumlah wasit dan juri sebanyak 60 orang. Adapun janji yang diucapkan yakni, akan memimpin pertandingan dengan penuh tanggung jawab dan menjunjung tinggi sportifitas. Akan memimpin pertandingan dengan adil dan tidak akan memihak kepada siapapun demi peningkatan prestasi.

    “Wasit dan juri dalam menjalankan tugasnya harus profesional karena Kotim menyeleksi duta-duta yang berkualitas, pada akhirnya akan melahirkan atlet terbaik yang siap membawa nama harum Kotim ke tingkat Kalteng,” tegas Suparmadi.

    Selain itu, Suparmadi juga mengingatkan kepada seluruh atlet yang bertanding, kalah dan menang itu soal biasa. Alasannya, bagi yang juara terus berupaya persiapkan diri dan bagi yang kalah jangan berkecil hati, anggap kesuksessan tertunda.

    Sementara itu, Ketua Panitia O2SN dan FLS2N SD tingkat Kabupaten Kotim Muhdlori melaporkan, jumlah peserta O2SN sebanyak 282 orang berasal dari 15 kecamatan. Sedangkan peserta FLS2N sebanyak 47 orang berasal dari 17 kecamatan.

    “Yang mengikuti O2SN dan FLS2N SD tingkat Kabupaten Kotim sudah diseleksi tingkat kecamatan masing-masing,” kata Muhdlori yang juga menjabat Kepala Seksi Sarana dan Prasarana SD pada Dinas Pendidikan Kabupaten Kotim.

    Mengenai tempat kegiatan, lanjutnya, O2SN untuk cabang olahraga karate, pencak silat dan atletik dipusatkan di Indoor Volly Ball Stadion 29 Nopember Sampit.

    Cabang olahraga renang di kolam renang KFC Jalan Jeruk 1 Sampit, bulutangkis digedung olahraga Bulutangkis Jalan Jeruk 1 Sampit.

    Sedangkan FLS2N untuk lomba menyanyi tunggal (solo) di Aula Disdik Kotim. Lomba kreasi baru, pantomim, gambar bercerita dan kriya anyam di Balai Penataran Guru (BPG) Mini Sampit.

    “Kami berharap melalui seleksi ini dapat menjaring peserta yang berprestasi dan dapat menjadi perwakilan kabupaten di tingkar provinsi bahkan nasional,” pungkasnya.

    (arifin/beritasampit.co.id)