Kata Penyang, Pertanian di Tasik Payawan dan Kamipang Cukup Berhasil

    KASONGAN – Pertanian di Kecamatan Tasik Payawan dan Kamipang, Kaabupaten Katingan cukup berhasil. Demikian yang dikatakan anggota DPRD Katingan daerah pemilihan (dapil) II, Penyang.

    Menurutnya, beberapa desa di Kecamatan Tasik Payawan hasil pertaniannya yang cukup berhasil seperti di Desa Luwuk Kanan, Petak Bahandang dan Luwuk Kiri.

    Sedangkan untuk di Kecamatan Kamipang seperti di Desa Asem Kumbang, Desa Baun Bango dan di beberapa desa lainnya.

    Terkait dengan lahan yang digunakan oleh masyarakat untuk bertani, ada yang menggunakan lahan yang dibuat oleh masyarakat setempat dan ada pula lahan yang dicetak oleh pemerintah beberapa waktu lalu melalui program cetak sawah.

    “Untuk cetak sawah yang dibuat oleh pemerintah, sebagian besar dimanfaatkan oleh masyarakat setempat. Sedangkan hasilnya cukup baik,” akui legislator Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini, Rabu (13/3/2019).

    Lanjut dia, sistem pertanian yang dianut oleh masyarakat di dua kecamatan masih menggunakan pola lama. Karena, lahan di dua kecamatan tersebut masih rentan terjadinya musibah banjir.

    “Oleh karena itu, untuk di dua kecamatan ini panennya hanya satu kali dalam setahun menghasilkan kisaran antara 3 hingga 4 ton/hektare,” ujarnya.

    Ditanya tentang penjualan hasil pertanian dimaksud, selain untuk dikonsumsi sendiri, sebagian juga dijual kepada penampung atau tengkulak yang datang dari luar kecamatan ataupun luar daerah.

    “Karena, untuk menjual ke ibukota kabupaten (Kasongan), meskipun dengan harga yang lebih tinggi, namun biaya transportasinya pun sangat tinggi juga. Sehingga mereka lebih baik menjualnya kepada tengkulak yang datang dari luar daerah,” pungkasnya.

    (ar/beritasampit.co.id)