17 Kecamatan Ikuti Lomba B2SA Kapuas

348
PENINJAUAN : HMSKMF FOR BS - Ketua TP PKK Kapuas Ary Egahni meninjau stand peserta Lomba Cipta Menu B2SA Berbasis Sumber Daya Lokal Tingkat Kabupaten Kapuas Tahun 2019, Kamis (14/3/2019).

KUALA KAPUAS – Pemerintah Kabupaten Kapuas melalui Dinas Ketahanan Pangan (DKP) bekerja sama dengan TP PKK melaksanakan Lomba Cipta Menu Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) Berbasis Sumber Daya Lokal Tingkat Kabupaten Kapuas Tahun 2019.

Kegiatan yang diikuti oleh 17 Kecamatan, berlangsung Kamis (14/3/2019) di Gedung Wanita Lawang Kameloh.

Ketua TP PKK Kapuas Ary Egahni yang saat itu membuka kegiatan lomba B2SA mengatakan, lomba ini merupakan salah satu cara untuk mensosialisasikan bagaimana menyajikan menu beragam, bergizi, seimbang dan aman kepada seluruh masyarakat Kapuas.

Karena, sambung dia, Kapuas merupakan salah satu kabupaten yang berdampak stunting (manusia yang tumbuh kerdil) dan masih sangat tinggi secara umum di Kalimantan Tengah.

Baca Juga:   Ben Brahim "Acungi Jempol" PLN Kapuas Karena Bantu Rehab Bangunan Sekolah

“Menu B2SA sangat sederhana, dengan memanfaatkan sumber daya alam yang disekitar kita, hanya bagaimana cara kita mengolahnya menjadi menu yang bergizi, seimbang dan aman. Oleh karena itu dalam lomba ini kita ingin melihat kreatifitas, inovasi dan inisiatif yang dilakukan ibu-ibu dalam mengolahnya menjadi makanan yang menarik,” tuturnya.

Dalam kesempatan itu, istri Bupati Kapuas ini juga memberikan apresiasi kepada DKP yang bekerja sama dengan TP PKK.

“Kami berharap kegiatan ini tidak hanya diimplementasikan sebatas dalam perlombaan saja, tetapi benar-benar dilaksanakan dari tingkat kabupaten, kecamatan, desa sampai RT/RW. Dengan harapan di rumah kita bisa belajar untuk ‘Move On’ bagaimana supaya anak kita sehat, gizi cukup tapi tidak menjadi obesitas,” tekannya.

Baca Juga:   Bupati Kapuas Minta Plt Sekcam Tamban Catur Berkeliling Melayani Masyarakat

Ditempat yang sama, Kepala DKP Kapuas Suryadi Noor mengatakan, salah satu upaya untuk menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas adalah dengan memperbaiki kualitas konsumsi pangan masyarakat.

“Konsumsi yang berkualitas dapat diwujudkan apabila makanan yang dikonsumsi sehari-hari dari berbagai pangan pokok, ternak, ikan, kacang-kacangan, sayur mayur dan buah sebagai sumber karbohidrat, protein, vitamin dan mineral sesuai kebutuhan tubuh dengan jumlah yang seimbang,” terangnya.

Untuk diketahui, turut hadir dalam pembukaan Lomba B2SA, Ketua Ikiawan, Ketua Bhayangkari, Ketua Kartika Chandra Kirana dan undangan lainnya.

(irfan/beritasampit.co.id)