Muriansyah: Pembukaan Lahan Buat Beruang Kehilangan ‘Rumah’

    Editor: Akhiruddin

    SAMPIT — Hutan Kabupaten Kotawaringin Timur merupakan ‘rumah’ bagi beruang madu. Demikian diungkapkan oleh komandan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA), Pos Sampit, Muriansyah.

    “Pada awal sebelum adanya alih fungsi hutan menjadi lahan pertanian kelapa sawit serta pembukaan lahan untuk lokasi pembangunan perumahan beberapa hutan didalam kota Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur adalah rumah bagi para beruang madu,” katanya.

    Dijelaskan Muriansyah, Kabupaten Kotawaringin Timur memang habitatnya bagi hewan lindung beruang madu, akan tetapi beruang madu jarang bisa dijumpai lagi dan hanya ada dibeberapa wilayah tertentu.

    “Habitat asli beruang madu ini dulu di beberapa titik hutan di Kota Sampit masih ada, kini jarang kita jumpai. Karena terdesak dengan perubahan alih fungsi hutan jadi tidak ada lagi disekitar hutan Kota Sampit,” kata Muriansyah, Kamis (14/3/2019).

    Diungkapkan oleh Muriansyah, karena banyak lahan yang beralih fungsi jadi lahan pertanian kelapa sawit kini hewan lindung tersebut hanya bisa dijumpai di daerah bagian hulu seperti Antang Kalang, Bukit Santuai dan Telaga Antang. (im/beritasampit.co.id).