WASPADA !! Jumlah Pengidap HIV/AIDS di Gumas Makin Bertambah

315
DOOR STOP : ANGGRA / BS - Wakil Bupati Gunung Mas, Rony Karlos saat dibincangi wartawan terkait meningkatnya jumlah penderita HIV/AIDS di Kabupaten Gunung Mas, Jumat (15/3/2019).

Editor: A Uga Gara

KUALA KURUN – Jumlah pengidap Human Immunodeficiency Virus (HIV) dan Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS) di Kabupaten Gunung Mas makin bertambah.

Wakil Bupati Gunung Mas, Rony Karlos membenarkan informasi tersebut. Berdasarkan data per Januari 2019, terdapat 28 warga di daerahnya yang positif mengidap HIV/AIDS.

“Ini merupakan suatu fenomena gunung es yang sangat mengkhawatirkan bagi kita. Itu baru pucuknya saja yang kita ketahui, mungkin di bawahnya lebih banyak lagi yang mengidap,” bebernya, Jumat (15/3/2019).

Para pengidap HIV/AIDS yang belum terpantau pemerintah tersebut, kemungkinan besar telah menularkan penyakitnya kepada orang lain. “Kondisi seperti inilah yang sangat sulit dikontrol,” ungkapnya.

Baca Juga:   Ini Pendapat Kejati Kalteng Soal Perzinahan Bupati Katingan

Kemudian, terdapat belasan warga Gunung Mas yang positif HIV/AIDS terdeteksi di luar daerah.

“Yang bersangkutan mungkin tidak berobat daerah kita, namun langsung ke provinsi. Mereka terdata sebagai masyarakat Gunung Mas. Jumlahnya ada belasan,” ungkapnya.

Meskipun tidak ada lokalisasi di Kabupaten Gunung Mas, namun aktivitas prostitisi diduga berawal dari tempat-tempat hiburan malam.

“Seperti tempat karaoke misalnya. Saya tidak tahu transaksinya dimana, tapi kemungkinan tempat bertemunya para hidung belang dan PSK di sana,” pungkasnya.

Untuk diketahui, HIV merupakan virus yang dapat menyebabkan AIDS. Jika terinfeksi HIV, maka akan dikatakan sebagai HIV positif. HIV menyerang sistem kekebalan atau pertahanan tubuh terhadap serangan penyakit.

Baca Juga:   Perda Pencegahan Perkawinan Usia Anak Belum Tersosialisasi Menyeluruh

Jika sistem kekebalan tubuh seseorang telah dirusak virus, maka akan mengembangkan AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome).

Artinya, mereka akan mendapatkan infeksi dan penyakit yang semestinya mampu ditangkal atau dilawan oleh tubuh.

(adn/beritasampit.co.id)