Kodim 1011/Kuala Kapuas, Sosialisasikan Penerimaan Prajurit

    Editor : Maulana Kawit

    KUALA KAPUAS – Koramil 1011-09/Timpah melakukan sosialisasi pendaftaran calon Tamtama, Calon Bintara dan Akademi Militer TNI AD Tahun 2019 di SMA 1 Timpah Kecamatan Timpah Kabupaten Kapuas. Jumat (15/3/2019)

    Secara terpisah, Dandim 1011/Klk Letkol Kav Bambang Krisitianto Bawono, S I P. mengatakan, kegiatan ini dilakukan supaya para siswa mengetahui gambaran dan langkah – langkah untuk menjadi Prajurit TNI, agar mereka mendapatkan informasi yang jelas dan benar tentang penerimaan prajurit TNI. Siswa-siswi yang ingin menjadi prajurit TNI dapat mempersiapkan diri baik itu dari segi ilmu pengetahuan, mental dan pembinaan fisik.

    Lanjutnya, persyaratan secara umum pendaftaran menjadi calon prajurit TNI. Syarat tersebut diantaranya memiliki Surat Tanda Tamat Belajar (STTB) sesuai dengan jenjang pendidikan yang dibutuhkan, warga negara Indonesia, setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia, sehat jasmani dan rohani, tidak cacat kriminalitas dan tidak kehilangan hak menjadi prajurit,” ucapnya.

    Kegiatan tersebut diberikan langsung oleh Danramil 1011-09/Timpah, Letda Inf Tukirin yang menjelaskan bahwa dalam penerimaan calon prajurit TNI AD dalam jenjang pendidikan apapun sama sekali tidak dipungut biaya, oleh karena itu kepada para siswa – siswi yang berminat menjadi anggota TNI agar berhati – hati dan tidak mudah percaya apabila ada oknum yang menjanjikan kelulusan dalam penerimaan calon Prajurit TNI dengan membayar sejumlah uang,” tegasnya.

    Adapun tes fisik yang akan dihadapi untuk masuk sebagai prajurit TNI terdiri dari kesegaran A yakni lari dan kesegaran B meliputi Shit Up, Pull Up, Push Up dan Shuttle Run. Kesemuanya harus dilaksanakan dan harus mendapat standar nilai yang telah ditentukan.

    Dalam pelaksanaan kegiatan ini para siswa-siswi SMA 1 Timpah sangat antusias, salah satunya siswi atas nama Lisa (18) mengucapkan banyak terimakasih atas sosialisasi yang diberikan, sehingga kami jadi mengetahui tentang gambaran mendaftar menjadi TNI, apalagi cita-cita saya dari kecil ingin menjadi Kowad, “tambahnya sambil tersipu malu.

    Ditambahkan juga, Danramil 1011-09/Timpah, bagi generasi muda putra putri yang berminat menjadi prajurit TNI agar menyiapkan diri secara dini dengan baik, siapkan kelengkapan administrasi, kesehatan jasmani maupun mental ideologi, psikologi dan akademik sesuai dengan persyaratan,” pungkasnya.

    (Rls.Pendam XII/Tpr.ForBeritasampit.co.id)