Heri A Junas: Dana Desa Bisa Dipakai Bangun Jalan

262
Anggota DPRD Gunung Mas, Heri A. Junas.

Editor: Akhiruddin

KUALA KURUN – Anggota DPRD Gunung Mas, Heri A Junas mengimbau, agar pemerintah desa di daerahnya dapat memanfaatkan Dana Desa (DD) untuk membenahi hingga membuat jalan baru. Akses tersebut penting guna meningkatkan kenyamanan dan kelancaran lalu lintas masyarakat desa.

“Selain membangun infrastruktur kantor, pemerintah desa juga harus fokus pada pembenahan jalan desa yang kondisinya sudah tidak layak. Bahkan membangun jalan baru jika memang dibutuhkan,” katanya, Senin (18/3/2019).

Politisi PKPI itu menjelaskan, penggunaan ADD dan DD tidak terbatas hanya membangun gapura, balai desa, dan pemberdayaan masyarakat saja. Namun diharapkan bisa menciptakan terobosan baru yang kreatif dan inovatif.

Baca Juga:   Ketua DPRD Gunung Mas Warning PBS yang Ingkar Janji Perbaiki Jalan

“Yang penting manfaatnya bisa langsung dirasakan masyarakat. Contohnya membenahi jalan rusak untuk kelancaran aktivitas masyarakat, baik ke kebun, ke kantor desa, pasar, dan sebagainya,” sebut Heri.

Dalam praktiknya, program pembenahan mauoun pembangunan jalan desa wajib melibatkan masyarakat setempat atau swakelola.

“Dengan melibatkan warga, diharapkan mereka dapat berperan aktif dan berjasa membangun desanya sendiri. Sehingga mereka bisa lebih menghargai dan mempelihara aset desa tersebut sebaik mungkin,” ujarnya.

Pola kegiatan dengan swakelola juga bertujuan untuk membangkitkan kembali budaya gotong royong.

Baca Juga:   Wakil Rakyat Ini Minta Warganya Tidak Takut Donor Darah

“Dengan melibatkan masyarakat dalam membangun desa, membuktikan bahwa mereka peduli dan mendukung program pemerintah desa. Kesadaran seperti inilah yang kami harap membudaya di seluruh desa,” harapnya. (adn/beritasampit.co.id)