Ribuan Anjing di Gumas Bakal Disuntik Rabies

    Editor : Maulana Kawit

    KUALA KURUN – Guna mengantisipasi serangan rabies di lingkungan masyarakat, pemerintah daerah Gunung Mas melalui Dinas Pertanian dan Ketahan Pangan (DPKP) setempat kembali memprogramkan vaksinasi rabies hewan peliharaan seperti anjing, kucing, dan kera.

    Kepala Dinas PKP Gunung Mas, Kardinal mengatakan, suntik atau vaksinasi rabies itu diprogramkan rutin tiap tahun. Kegiatan itu ditargetkan disemua kecamatan tanpa terkecuali.

    “Vaksin yang tersedia tahun ini sebanyak 1.500 dosis, sedangkan tahun lalu dialokasikan 4.300 dosis. Intinya semua anjing, kucing, dan kera akan disuntik meskipun tidak mengidap rabies,” ungkapnya, Selasa (19/3/2019).

    Vaksin tersebut bertujuan untuk menyukseskan Kabupaten Gunung Mas bebas rabies tahun 2020, meskipun secara nasional ditargetkan hingga tahun 2030 mendatang.

    “Saya mengimbau, agar masyarakat tidak mengkosumsi anjing yang mati karena sakit meskipun sudah dimasak dan diolah sedemikian rupa. Kalau bisa langsung dikubur saja untuk meminimalisasi penyebaran penyakit,” jelasnya.

    (adn/beritasampit.co.id)