Ada Gangguan Teknis, Disdik Kotim Siapkan Help Desk

    Editor : Maulana Kawit

    SAMPIT – Menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) jenjang SMP/MTs, SMA/SMK, MA/SLB kemungkinan adanya gangguan teknis bisa saja terjadi. Mengatasi hal demikian, Dinas Pendidikam (Disdik) Kabupaten Koatawaringin Timur (Kotim), Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), sudah menyiapkan help desk atau pelayanan bantuan.

    800

    Kepala Disdik Kabupaten Kotim Suparmadi mengatakan, pihak sekolah saat ini sudah banyak melakukan upaya guna menyukseskan ujian berbasis komputer.

    “Kami harapkan pada saat UNBK nantinya tidak ada kendala teknis seperti pemadaman listrik maupun gangguan jaringan internet,” ucapnya saat membuka sosialisasi Ujian Nasional (UN) SMP/MTs, SMA/SMK, MA/SLB seKabupaten Kotim di gedung Merah Putih SMKN 2 Sampit, Rabu (20/3/2019).

    Sementara itu secara teknis, Kepala Sub Bagian Penyelenggaraan Tugas Pembantuan Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus, Asyari menambahkan, pihaknya sudah menyiapkan help desk apabila pada saat proses UNBK terjadi gangguan.

    “Kami sudah antisipasi sesuai standar prosedur yakni menyiapkan help desk atau pelayanan bantuan. Bantuan itu khusus pada saat pelaksanaan UNBK apabila terjadi masalah,” kata Asyari usai kegiatan kepada wartawan beritasampit.co.id di gedung Merah Putih SMKN 2 Sampit.

    Dalam hal ini, lanjutnya, Kepala Disdik Kotim Suparmadi selaku penanggungjawab, kemudian Kabid Pembinaan SMP Muhammad Irfansyah dan Kasub Bagian Pembantuan. “Koordinator help desk Zulfikar Antoni,” kata Asyari yang pernah menjabat Kasi SMA ini.

    Help desk ini, tambahnya, koordinasi tidak hanya kabupaten, provinsi bahkan Kemendikbud. Apabila terjadi gangguan teknis secara otomatis penanganan akan cepat ditindaklanjuti.

    “Untuk antisipasi pemadaman PLN dan gangguan sinyal internet maupun client, kami harapkan sekolah maupun madrasah langsung koordinasikan ke help desk, kemudian koordinasi kabupaten ke provinsi dan dilanjutkan ke pusat,” saran Asyari.

    (arifin/beritasampit.co.id)