Antisipasi Kecelakaan, Satlantas Polres Gumas Bikin Zebra Croos di Sekolah

    Editor: A Uga Gara

    KUALA KURUN – Demi keselamatan pejalan kaki ketika menyeberang, jajaran Satlantas Polres Gunung Mas membuat zebra croos di SDN 3 Kuala Kurun, Kabupaten Gunung Mas, Rabu (20/3/2019).

    Kasatlantas Polres Gunung Mas Iptu Rachmad Endro mengatakan, pembuatan rambu jalan berupa zebra croos ini bertujuan untuk keselamatan pengguna jalan sekaligus wahana edukasi.

    “Kami berharap anak-anak sekolah lebih tertib berlalu lintas. Artinya ketika menyeberang, baik datang maupun pulang sekolah mereka harus melalui zebra croos. Jadi tidak lagi sembarangan,” ungkapnya, Rabu (20/3/2019).

    Selain di SDN 3 Kuala Kurun, pihaknya juga bakal membuat rambu serupa di SMPN 1 Kurun setelahnya. Keberadaan zebra croos di kawasan sekolah cukup penting.

    “Kegiatan ini merupakan inusiatif Satlantas Polres Gunung Mas dengan melibatkan beberapa pihak, seperti personel TNI, Jasa Raharja, dan pihak sekolah,” sebutnya.

    Kepala SDN 3 Kuala Kurun, Belie menuturkan bahwa pembuatan zebra croos di depan pintu gerbang sekolahnya sangat penting. Mengingat tingginya arus lalu lintas kendaraan bermotor di lingkungan sekolah.

    “Kami berterima kasih kepada pihak kepolisian yang sudah memperhatikan sekolah kami. Sebelumnya, mereka juga sering melaksanakan sosialisasi terkait lalu lintas di sekolah ini,” ujarnya.

    Dirinya berharap, seluruh peserta didik benar-benar memanfaatkan zebra croos tersebut sesuai peruntukannya. Pun demikian dengan orang tua agar lebih tertib menata kendaraan ketika mengantar maupun menjemput anaknya.

    “Karena sekarang sudah ada rambu zebra croos, jadi para orang tua tidak lagi menunggu dan parkir kendaraan di depan gerbang. Sebab mengganggu dan membahayakan,” pungkasnya.

    (adn/beritasampit.co.id)