KPU Katingan Gelar Simulasi Mutungsura KPPS

    KASONGAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Katingan menggelar simulasi pemungutan dan perhitungan suara (Mutungsura) KPPS.

    Simulasi yang digelar itu melibatkan anggota PPK se Kabupaten Katingan dengan dibimbing langsung oleh komisioner KPU Kabupaten Katingan. Kamis (21/3/2019).

    Berdasarkan pantauan, Kegiatan tersebut dibuat seperti layaknya pemilihan sebenarnya dilapangan yang dilaksanakan oleh KPPS. Mulai dari tahap persiapan, pelaksanaan dan juga tahap akhir yaitu rekapitulasi hasil perhitungan suara.

    Simulasi yang diperagakan anggota PPK saat melakukan simulasi.
    Simulasi yang diperagakan anggota PPK saat melakukan simulasi.

    Menurut ketua KPU Kabupaten Katingan Usman Sitepu, Simulasi itu sebagai upaya agar anggota PPK mengetahui tata cara pungut dan hitung yang dilakukan oleh KPPS.

    “Simulasi ini agar PPK bisa lebih memahi dan mendeteksi sejak dini dimana tingkat kesulitan yang dihadapi oleh KPPS. Kita berharap KPPS melakukan proses pungut hitung sesuai dengan ketentuan yang ada,” terang Usman.

    Simulasi yang diperagakan anggota PPK saat menunjukan 5 kertas suara.
    Simulasi yang diperagakan anggota PPK saat menunjukan 5 kertas suara

    Selain itu, jelasnya dengan dilakukannya simulasi tersebut diharapkan juga rekan-rekan PPK mampu melakukan Bimtek kepada PPS dan KPPS seperti yang sudah dilakukan di KPU.

    “Mengingat cukup rumitnya proses pemungutan dan perhitungan suara KPPS, maka saya berharap PPK benar-benar melakukan Bimtek di tingkat PPS dan KPPS secara berjenjang,” terang mantan aktivis HMI ini.

    (Maulana.Kawit/Beritasampit.co.id)