Sisa 8 Ribu Warga Yang Belum Tercover BPJS Kesehatan

242
Keterangan Foto : ENN/BS - RSUD Sukamara bagian poli klinik terpaduyang tengah memberikan pelayanan BPJS Kesehatan kepada masyarakat

Editor : Maulana Kawit

SUKAMARA – Jumlah peserta BPJS Cabang Sukamara mencapai 30.249 jiwa dari total jumlah penduduk.

Namun, Kepala BPJS Cabang Sukamara, Yudha Hastia mengatakan masih ada warga yang masih belum tercover sekitar 8 ribu oleh BPJS Kesehatan.

“Ditahun 2018 jumlah peserta BPJS yang dibayarkan oleh pemerintah atau Penerima Bantuan Iuran (PBI) hanya sekitar 7 ribu jiwa dan meningkat menjadi 22 ribu jiwa diawal tahun 2019 atau naik sekitar 400 persen, lalu ditambah dengan peserta mandiri sehingga menjadi 30 ribu lebih peserta BPJS Sukamara,” terang Yudha, Kamis (21/3/2019).

Baca Juga:   Bupati Sukamara Minta Warganya Menjaga Kelestarian Laut

Menurutnya, pemerintah Kabupaten Sukamara sangat berkomitmen dalam memberikan pelayanan kesehatan khususnya jumlah PBI BPJS Kesehatan.

“Karena upaya untuk menuju Universal Health Coverage atau UHC harus 95 persen tercover, jadi ini masih sekitar 8 ribu jiwa berdasarkan NIK Sukamara yang belum tercover,” jelas Yudha.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Sukamara PBI di Bumi Gawi Barinjam mencapai 42.195 jiwa dan sejak 1 Januari 2019 bertambah menjadi 64.594 jiwa yang ditanggung iuran jaminan kesehatannya oleh pemerintah.

“Pemerintah telah menyiapkan Rp 10 miliar pada 2019 untuk PBI yang digunakan membayar iuran BPJS Kesehatan terutama bagi masyarakat kurang mampu,” ujar Bupati Sukamara Windu Subagio beberapa waktu lalu.

Baca Juga:   301 Perserta Ikuti Festival Seni Budaya Tingkat SLTA Sederajat

(enn/beritasampit.co.id)

Komentar Facebook

comments