OFI Kembali Pelopori Penanaman 2000 Bibit Pohon

860
Para perwakilan dari lembaga, dinas terkait dan pelajar usai giat menanam bibit pohon yang dipelopori OFI.

Editor: Irfan

PANGKALAN BUN – Dalam rangka Hari Hutan Sedunia, Orangutan Foundation International (OFI) yang bermarkas di Kota Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat kembali melaksanakan kegiatan penanaman 2000 bibit pohon di sejumlah lokasi hutan gundul, Kamis (21/3/2019).

Manajer Kampanye OFI Dorprawati Siburian SH mengatakan, tahun sebelumnya kegiatan yang sama juga telah dilaksanakan. Sekarang kegiatan penanaman bibit pohon dilaksanakan bersama dengan 120 peserta, yakni perwakilan dari DLH dan KPHP serta Kodim 1014 Pangkalan Bun juga Laskar Kobar yang didukung para ratusan pelajar.

“Dalam kegiatan mulai hari ini, menanam 2000 bibit pohon, terdiri dari bibit pohon Ndoking 300 batang, Idur 300 batang, Belangeran 40 batang, Medang 800 batang, Durian 480 batang, Rambutan 40 batabg dan Cempedak 40 batang,” katanya.

Baca Juga:   Bupati Kobar Datang Plang Terpasang

Adapun pelajar Sekolah yang ikut kegiatan yakni SMPN 1 Arsel, SMPN 7 Arsel, SMPN 1 Kumai, SMPN 5 Kumai, SMAN 2 Pangkalan Bun dan SMKN 1 Pangkalan Bun. Kemudian SMKN 2 Pangkalan Bun, SMK Putra, SMK BIM, SMK Harapan, SMAN 1 Kumai dan SMAN 2 Kumai.

“Semua lahan dan pohon yang ditanam oleh masing -masing peserta menjadi tempat edukasi yang berkelanjutan. Dalam artian setelah para pelajar menanam bibit pohon nantinya akan dikunjungi oleh masing-masing pelajar ke lokasi untuk melihat apakah bibit pohon yang ditanam itu tumbuh atau mati, kalau mati akan kembali ditanam bibit pohonya dan kalau tumbuh akan dirawat,” tutur Dorprawati.

Baca Juga:   Kusnan Resmi Jabat Kalapas Pangkalan Bun

Dijelaskan Manager OFI ini, kegiatan menanam bibit pohon yang bertema “Mari Kita Kembalikan Hutan sesuai Fungsinya“ bertujuan untuk melestarikan hutan dan fungsinya.

“Kemudian juga untuk memberikan contoh kepada kaum linenial muda,agar sedini mungkin mereka sayang dan cinta terhadap lingkungan hutan,” terang Dorprawati.

Terpisah, Ketua DPRD Kobar Triyanto saat dikonfirmasi menyatakan pihaknya sangat mengapresiasi kepada OFI yang telah memprakarsai untuk menanam bibit pohon secara rerentak di hutan yang gundul.

“Kegiatan ini perlu diteladani dan diikuti oleh berbagai pihak khusunya para perusahaan besar swasta (PBS), Kalau Pemkab Kobar sudah rutin melalui dinas terkaitnya setiap tahun melaksanakan penanaman bibit pohon,” ujar Triyanto.

(man/beritasampit.co.id)